• 7 Agustus 2020

Khasiat Besar Daun Ubi Jalar

uploads/news/2020/03/khasiat-besar-daun-ubi-4142501973b689d.jpeg
SHARE SOSMED

Daun ubi ini biasanya saya buat untuk ditumis dan dicampur kangkung atau jamur. Rasanya tidak pahit, malah enak dan legit. Di rumah juga banyak yang suka, sehat juga kan?”

JAKARTA SELATAN - Adakah Sahabat Tani yang pernah mengkonsumsi daun ubi jalar? Daun ini yang terdapat pada tanaman umbi-umbian berwarna ungu ini, kerap dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu. Ubi jalar juga bisa dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi, karena memiliki kandungan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh. Selain buah dagingnya, ubi jalar juga memiliki daun yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Rasilah (48), ibu rumah tangga asal Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, menanam daun ubi di halaman kosong di samping rumahnya. Ia mengaku sering menggunakan daun ubi ini untuk bahan masakan.

“Daun ubi ini biasanya saya buat untuk ditumis dan dicampur kangkung atau jamur. Rasanya tidak pahit, malah enak dan legit. Di rumah juga banyak yang suka, sehat juga kan?” ujarnya kepada JagadTani.id belum lama ini.

Baca juga: Panen Labu Air di Pekarangan

Terbukti, manfaat daun ubi jalar sebenarnya sudah banyak diketahui sejak lama. Bahkan, daun ini banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Seperti melansir Bola.com, masyarakat Filipina telah membuktikan manfaat rebusan daun ubi jalar untuk mengobati demam berdarah dengue (DBD).

Selain itu, daun ubi jalar juga memiliki kandungan yang dapat mengatasi masalah peradangan pada kulit, seperti jerawat dan bisul. Hasil penelitian di Amerika menemukan daun ubi jalar merupakan sumber anti-oksidan, riboflavin, niasin, vitamin (A,B,C,E,K), tiamin, kalsium, zat besi, beta karoten, asam folat, dan protein. Saking banyaknya kandungan dalam daun ubi jalar, tak heran daun ini sangat berkhasiat bagi tubuh.

“Ini menanamnya sudah lama, hampir setahun yang lalu. Setahu saya air rebusannya atau daunnya langsung direbus dulu itu bisa buat obat kalau sedang nyeri saat datang bulan,” tutupnya.

Baca juga: Membuat Hidroponik dengan Botol Bekas

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App