• 5 April 2020

Sapu-sapu, Sang Pembersih Kolam

uploads/news/2020/03/sapu-sapu-sang-pembersih-kolam-7087641efbd7c8b.jpeg
SHARE SOSMED

Iya ada beberapa akuarium, kalau saya menyebutnya pembokat.” Karena dia bantu bersih-bersih kolam kan.”

TANGERANG SELATAN - Ikan sapu-sapu atau ikan bandaraya merupakan sekelompok ikan air tawar yang berasal dari Amerika tropis yang termasuk dalam famili Loricariidae, namun tidak semua anggota Loricariidae adalah sapu-sapu. Dalam perdagangan ikan internasional ia dikenal sebagai plecostomus atau singkatannya, plecos dan plecs.

Di Indonesia, analogi yang sama juga dipakai tetapi alatnya yang dipakai sebagai nama (sapu) sedangkan di Malaysia orang menyebutnya “ikan bandaraya” karena fungsinya seperti petugas pembersih kota (“bandar”). Ikan sapu-sapu ini nyaris dapat hidup bersama dengan ikan akuarium apa saja. Meski pun demikian, ia bisa tumbuh sepanjang 60 sentimeter dan menjadi kurang aktif dan kurang bersahabat.

Baca juga: Ikan Discus, Si Pipih Cantik

Makanan ikan sapu-sapu merupakan mentimun. Selain mentimun, ikan sapu-sapu juga memakan lendir-lendir hewan dan lumut. Ikan ini juga merupakan omnivora atau pemakan segalanya, tapi biasanya mencari sisa-sisa tumbuhan air di malam hari. Ikan sapu-sapu memiliki dua alat pernafasan. Alat pernafasan yang pertama adalah insang. Insang digunakan oleh ikan sapu-sapu saat berada di air yang jernih.

Alat pernafasan ikan sapu-sapu yang kedua adalah labirin. Labirin adalah alat pernafasan binatang lumpur atau air yang keruh. Salah satu peternak ikan yang memelihara sapu-sapu adalah hendra. Ia memelihara sapu-sapu di beberapa akuarium miliknya yang semuanya berisi ikan discus.

“Iya ada beberapa akuarium, kalau saya menyebutnya “pembokat.” Karena dia bantu bersih-bersih kolam kan,” ujarnya kepada JagadTani di rumahnya di Kelurahan Jelupang, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, belum lama ini.

Baca juga: Menggunakan Teknologi Bioflok atasi Stunting

Sangat mudah memelihara ikan sapu-sapu karena tidak perlu merogoh kantong untuk memberi makan, ikan sapu-sapu akan memakan lumut-lumut atau kotoran yang ada di dalam akuarium yang ia tempati.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App