• 12 Juli 2020

Cantiknya Ikan Oscar Albino Paris

uploads/news/2020/02/cantiknya-ikan-oscar-albino-716063989f05677.JPG
SHARE SOSMED

Ciri ikan oscar albino termahal bukan hanya putih saja, namun terdapat corak bintik-bintik bludru yang berwarna emas kemerahan, mata yang berwarna merah menyala, dan juga mempunyai bentuk sirip yang melebar.

DEPOK - Jika Sahabat Tani pecinta ikan hias pasti tidak asing dengan ikan oscar. Ya, ikan oscar memang termasuk yang masih populer dikalangan para penggemar ikan hias. Ini karena ikan oscar memiliki corak warna yang sangat menarik. Namun, untuk para pemula pasti sangat asing mendengar jenis ikan oscar ini.

Ikan oscar masuk ke dalam keluarga ikan cichlid dan termasuk ke dalam jenis ikan yang agresif. Ikan ini berasal dari Sungai Amazon, Brasil, tetapi juga bisa ditemukan di Florida, Amerika Serikat. Di negara asalnya, ikan ini hanya dibiarkan hidup di saluran air, namun sekarang ikan oscar sudah berkembang menjadi ikan hias yang banyak dicari para pecinta ikan hias.

Baca juga: Cacing Sutra, Pakan Ikan Berkualitas

Ikan oscar juga mempunyai karakteristik yang sangat menarik dan membuat banyak penggemarnya rela mencarinya, karena corak warna yang unik. Ukuran ikan oscar ini bisa mencapai 40 sentimeter saat dewasa dan memiliki berat hingga 3 kilogram. Ikan ini juga mampu hidup 10-14 tahun dengan catatan, harus merawatnya dengan baik. Bukan hanya menjadi ikan dapat hidup dengan lama, namun Sahabat Tani bisa membuat ikan oscar menjadi ikan terbesar jika mampu merawatnya dengan baik.

Sekedar info, ikan oscar terbesar sendiri berjenis ikan oscar tiger yang ditemukan di Sungai Amazon. Di Indonesia sendiri, banyak yang mulai membudidayakan ikan oscar, jadi Sahabat Tani mudah untuk menemukannya di pasar ikan terdekat. Perkembangan ikan oscar sendiri juga sangat pesat, sampai banyak juga ikan oscar hasil persilangan dengan ikan oscar jenis lain seperti lemon oscar, lutino oscar, yellow oscar, dan masih banyak lagi.

Salah satu ikan oscar yang banyak dijumpai di pasar ikan yaitu ikan oscar albino paris, ikan ini memiliki warna agak putih atau albino di sekujur tubuhnya hingga ke sirip dan ekornya. Warna putih pada jenis ikan ini merupakan warna putih susu. Ikan jenis ini juga termasuk sulit untuk dibudidaya, karena itulah ikan ini masuk ke dalam jenis ikan oscar termahal.

“Ciri ikan oscar albino termahal bukan hanya putih saja, namun terdapat corak bintik-bintik bludru yang berwarna emas kemerahan, mata yang berwarna merah menyala, dan juga mempunyai bentuk sirip yang melebar. Untuk harga ikan oscar albino biasa hanya berkisar Rp45.000-Rp55.000 untuk yang anakan, dan Rp130.000-Rp500.000 untuk yang sudah dewasa,” ucap salah satu pecinta ikan oscar, Vandro, saat ditemui di rumahnya di Grand Depok City (GDC), Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, belum lama ini.

Baca juga: Memahami Moulting Lobster Air Tawar

Vandro juga memberikan tips mengenai cara merawat ikan oscar albino. Menurutnya, merawat ikan tersebut cukup mudah, Sahabat Tani harus memberi makan cukup banyak karena ikan ini termasuk ikan yang agresif dan rakus.

“Kalau untuk makannya sih sama, pelet, cacing sutra. Hanya harus hati-hati saja sih kalau bersihkan kolamnya, soalnya dia agresif,” tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App