• 9 Agustus 2020

Cacing Sutra, Pakan Ikan Berkualitas

SHARE SOSMED

Cacing sutra ini memang agak bau, dan susah merawatnya. Dia harus dibersihkan dua hari sekali. Kalau tidak, bisa keracunan ikan-ikan saya, jadi benar-benar harus teliti.”

DEPOK - Sahabat Tani yang gemar memelihara ikan pasti tidak asing dengan cacing rambut atau cacing sutra. Cacing sutra memiliki tubuh yang sangat lunak dan lembut seperti halnya sutra atau pun rambut dengan ukuran yang sangat kecil dibanding dengan cacing ukuran jenis lainnya. Cacing ini juga termasuk ke dalam kelompok cacing-cacingan yang biasanya disebut Tubifex sp dalam ilmu sains.

Cacing sutra cenderung lebih kecil dan pendek, selain itu juga memiliki ukuran kurang lebih sekitar 1-2 sentimeter dan berwarna kemerah-merahan. Cacing ini juga hidup secara berkelompok atau berkoloni. Sehingga, jika diletakkan dalam suatu wadah, bentuknya akan menyerupai gumpalan atau pun koloni kemerahan yang melambai-lambai.

Karena tergolong cacing berukuran kecil, cacing sutra hanya memiliki saluran pencernaan berupa celah-celah kecil dari mulutnya dengan jumlah sekitar 30-60 ruas. Sahabat Tani juga dapat menemukan cacing sutra pada lumpur-lumpur di sekitar sawah atau pun di dasar perairan. Cacing sutra pada umumnya membuat lubang pada lumpur atau pun di dasar perairan.

Baca juga: Memahami Moulting Lobster Air Tawar

Cacing sutra sendiri biasa digunakan peternak ikan sebagai pakan wajib. Salah satu peternak yang menggunakan cacing sutra ini yaitu Vandro, peternak ikan guppy asal Depok ini sudah lama memakai cacing sutra sebagai pakan tambahan untuk ikan-ikan miliknya.

“Cacing sutra ini memang agak bau, dan susah merawatnya. Dia harus dibersihkan dua hari sekali. Kalau tidak, bisa keracunan ikan-ikan saya, jadi benar-benar harus teliti,” ujarnya saat ditemui tim JagadTani.id di rumahnya yang berada di Grand Depok City (GDC), Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, belum lama ini.

Baca juga: Untung Besar dengan Jesika Mobile

Menurutnya, cacing sutra banyak dicari orang karena memiliki banyak sekali manfaat, terutama bagi para peternak. Tidak hanya itu, saat ini telah banyak yang ingin membudidayakan cacing sutra sebagai ladang pendapatan yang menjanjikan. Seperti peternak atau pun orang-orang yang memiliki usaha di bidang pangan ternak. Dibandingkan dengan bahan dasar campuran pakan ternak lainnya, cacing sutra memiliki gizi yang lebih baik, sehingga ternak akan lebih ternutrisi dan berkualitas.

Adapun zat yang terkandung dalam cacing sutra yaitu kandungan protein yang sangat tinggi, lemak yang cukup, serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan ternak anda, kadar abu yang sangat baik bagi metabolisme ternak serta kandungan mineral dan air.

“Cacing sutra bagus banget buat pertumbuhan ikan guppy jadi mempengaruhi kepekatan warnanya juga, hanya harus benar-benar rajin membersihkannya,” tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App