• 18 April 2024

Sukses Bertanam di Lahan Minim

uploads/news/2020/02/sukses-bertanam-di-lahan-840457b896ade99.jpg

Anggota kami ada 40 orang, semuanya ibu-ibu rumah tangga. Kami memanfaatkan lahan kosong dan pekarangan rumah. Selain untuk konsumsi sendiri, hasil dari kebun ini juga dijual ke pasar atau warung sayuran yang dekat rumah dan ini bisa membantu meningkatkan perekonomian keluarga.”

BANGKA TENGAH - Kelompok Wanita Tani Mentari (KWT) Desa Nibung Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sukses mengembangkan pertanian bermacam sayuran dengan manfaatkan lahan minim dan pekarangan rumah. Selain memaksimalkan lahan yang minim dan pekarangan rumah untuk bertanam tanaman sayur, KWT Mentari Desa Nibung yang memiliki 40 anggota ini juga memiliki kebun induk bibit sendiri.

"Anggota kami ada 40 orang, semuanya ibu-ibu rumah tangga. Kami memanfaatkan lahan kosong dan pekarangan rumah. Selain untuk konsumsi sendiri, hasil dari kebun ini juga dijual ke pasar atau warung sayuran yang dekat rumah dan ini bisa membantu meningkatkan perekonomian keluarga,"ujar Irmawati, salah seorang Anggota KWT Desa Nibung, Kamis (27/2) kemarin.

Baca juga: Bateng jadi Kawasan Cabai&Bawang Merah

Ia juga mengatakan, ada beberapa macam tanaman sayuran yang kita tanam di kebun ini.

"Macam - macam sayuran kami tanam, ada daun bawang, terong, sawi biasa dan sawi hijau, cabai merah serta bawang merah. Alhamdulillah hasilnya memuaskan dan bisa membantu perekonomian keluarga,"ucapnya.

Baca juga: Meningkatnya Produktivitas Bawang Merah Bateng

Dirinya pun mengajak ibu-ibu untuk lainnya untuk lebih kreatif lagi, pergunakan lahan yang ada dengan maksimal.

"Kalau kita sudah punya niat untuk mandiri pasti bisa. Manfaatkan lahan yang ada, walaupun minim kalau diniatkan dan serius mengelolanya, Insyaallah pasti berhasil. Dari pada kita menggunakan waktu kosong untuk hal-hal yang kurang bermanfaat, lebih baik digunakan untuk berkebun, walaupun kecil tapi banyak manfaatnya," tutupnya.

Related News