• 4 April 2020

Asyiknya Beternak Bebek Petelur

uploads/news/2020/02/asyiknya-beternak-bebek-petelur-40635579d454d2e.jpeg
SHARE SOSMED

Tiap hari saya kasih makan nya kayak biasa sih, dedak tiap pagi sama sore. Ini tadi nya dari cuma beberapa ekor saja kalau bebek kan cepat betelurnya, jadi banyak.”

BOGOR - Beternak bebek memiliki kelebihan dibandingkan dengan beternak ayam, karena bebek lebih memiliki daya tahan tubuh yang bagus. Selain memiliki daya tahan tubuh yang bagus, cara pemeliharaan bebek juga cukup mudah. Jika Sahabat tani tertarik untuk beternak bebek, sebaiknya harus membuat perencanaan yang matang. Selain itu, Sahabat Tani juga harus menganalisis, apa saja yang harus dibutuhkan, berapa modalnya, dan apa saja risikonya.

Setidaknya, ada dua macam beternak bebek yaitu beternak dengan memanfaatkan telur dan beternak dengan memanfaatkan dagingnya. Salah satu yang membudidayakan bebek petelur, Iwan (32) salah satu pengurus BioMart Institut Pertanian Bogor (IPB). Iwan merupakan orang yang bertanggung jawab mengurus bebek petelur.

“Tiap hari saya kasih makan nya kayak biasa sih, dedak tiap pagi sama sore. Ini tadi nya dari cuma beberapa ekor saja kalau bebek kan cepat betelurnya, jadi banyak,” ujarnya saat ditemui tim JagadTani.id belum lama ini.

Baca juga: Menilik Peternakan Kelinci di Ciputat

Walaupun bukan miliknya, Iwan mengaku ia juga sering menawari dan menjual bebek petelur ini ke pedagang makanan kaki lima yang membutuhkan bebek pedaging seperti yang Iwan urus.

“Biasanya jualnya ke tukang pecel lele, nasi bebek, ada yang beli satuan ada juga yang banyak, tergantung sih” tambah pria lulusan Institus Pertanian (IPB) Bogor ini.

Walaupun banyak pesaing yang juga beternak bebek petelur. Namun, Iwan tidak pernah khawatir bersaing, karena menurutnya harganya pun tidak jauh beda.

“Satu ekor nya kita jual Rp90.000, biasanya kalau ada acara lebaran itu orang beli langsung 10 ekor, tapi kalau buat pedagang biasa belinya satuan” ujar pria asal Bandung ini.

Baca juga: Peluang Emas Ternak Ayam Kalkun

Menurutnya, beternak bebek haruslah mempunyai lahan yang luas, agar sesuai kebutuhan dan mempermudah bebek dalam berkembangbiak.

“Umumnya sih bebek petelur bentuk kandangnya ren atau postal. Terus di dalamnya diberi sekam biar telurnya enggak gampang pecah. Biasanya juga kan dia bertelurnya pagi hari, jadi kita kontrolnya gampang,” tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App