• 7 Agustus 2020

Untung Besar Lobster Air Tawar

SHARE SOSMED

Saya mulai budidaya lobster ini karena awalnya saya melihat ada kawan saya yang membudidayakan lobster air tawar.”

TANGERANG SELATAN - Lobster merupakan hewan laut yang belakangan ini menjadi perbincangan hangat karena harganya yang cukup mahal. Tapi, tahukah Sahabat Tani, jika ada lobster yang berasal atau hidup di air tawar? Lobster air tawar atau Cherax quadricarinatus merupakan hewan avertebrata air yang memiliki pelindung tubuh berupa eksoskeleton yang keras. Hewan ini umumnya juga dikenal dengan sebutan red claw, karena memiliki sepasang capit berwarna merah.

Selain untuk konsumsi, lobster air tawar juga dimanfaatkan sebagai lobster hias, karena lobster jenis ini memiliki keunggulan pada bentuk tubuhnya dan warna biru yang mengkilap. Lobster air tawar juga berbeda dengan lobster air laut. Lobster air laut berasal dari famili Palinuridae, Penasidae, dan Scyllaridae, sedangkan lobster air tawar berdasarkan dari famili Astacidae, Cambridae, dan Parastacidae. Sedangkan jenis lobster yang banyak dikembangkan di Indonesia yaitu Cherax quadricarinatus atau yang lebih dikenal dengan sebutan red claw.

Lobster air tawar memiliki ciri morfologi berupa tubuh yang berwarna biru kehijauan, hijau kemerahan, dan berwarna biru laut dengan sedikit bercak kemerahan. Ciri utama lobster air tawar yang sangat menonjol yaitu memiliki sepasang capit yang ujungnya berwarna merah, terutama pada induk jantan yang telah berusia lebih dari tujuh bulan.

Baca juga: Budidaya Cacing Sutera Sistem Apartemen

Kondisi alam di Indonesia yang beriklim tropis dan tidak mengenal musim dingin merupakan tempat yang cocok bagi budidaya lobster air tawar. Salah satunya yang sedang dibudidayakan oleh Cuncun Setiawan. Pengusaha asal Tangerang ini sudah membudidaya lobster air tawar sejak 2002. Menurutnya, alasan ia menekuni bisnis ini karena tingginya permintaan lobster yang dianggapnya menjadi peluang bisnis baru yang menjanjikan.

“Saya mulai budidaya lobster ini karena awalnya saya melihat ada kawan saya yang membudidayakan lobster air tawar. Ketika saya datang, lobster ini bisa hidup di aquarium sama di kolam semen, kemudian saya berfikir kalau ini sangat menarik. Lalu saya beli indukannya, waktu itu dengan modal sekitar Rp5 Juta, saya membeli sepasang lobster dengan di lengkapi oleh media yang mendukungnya. kemudian saya budidayakan, mulai pembesaran, pembenihan hingga sampai sekarang. Begitu sekiranya,“ katanya saat ditemui JagadTani.id di BFC Mini Farm, yang ada di Jalan Baitis Salmah, Kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten, Selasa (4/2).

“Jenis lobster yang di kembang biakan itu yaitu jenis red claw, yang berasal dari Australia. Karena jenis ini lebih cepat berkembangbiaknya dibandingkan jenis lokal. Kalau di sini disediakan dua tipe penyajian, ada yang sudah dibekukan atau bisa juga dibeli dalam keadaan masih hidup. Kemudian untuk harganya beda-beda ya, per kilogram kurang lebih Rp300.000, tergantung jenis lobster yang dibeli, semakin besar ukuran lobsternya, maka semakin mahal juga harganya,” tambahnya.

Baca juga: Geliat Udang Vaname

Ia juga mengungkapkan, pada awalnya ia hanya ingin membudidayakan lobster hias. Hingga kemudian ia pun beralih membudidayakan lobster konsumsi setelah ia mendapatkan untung besar. Cuncun juga mengungkapkan, dari hasil budidaya lobster air tawar, ia mendapatkan omzet mencapai Rp40 juta per bulannya.

“Awalnya saya membudidayakan lobster hias, kemudian beralih menjadi lobster konsumsi. Karena  kalau saya pikir, kalau lobster konsumsi orang kan makan akan habis, kemudian nanti akan beli lagi, begitu. Jadi saya coba besarkan di aquarium, kolam semen, dan kolam tanah, serta mencari tahu cara yang paling cepat berkembang biaknya,” ucap lulusan Magister Universitas Tarumanegara ini.

“Lobster air tawar dengan lobster air laut itu sebenarnya sama saja ya. Dilihat dari kekenyalannya pun sama. Perbandingan harganya pun jauh sebenarnya, lobster air tawar sekitar Rp300.000 per kilogram nya, sedangkan lobster air laut bisa mencapai harga Rp1 Juta per kilogram nya. Padahal tidak beda jauh apabila dilihat dari tekstur dan sebagainya. Keunggulan lobster air tawar dibandingkan dengan air laut itu sebenarnya lobster air tawar ini justru kadar kolesterolnya lebih sedikit bila dibandingkan dengan lobster air laut,” tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App