• 9 Agustus 2020

Menengok Pasar Burung Kebayoran Lama

SHARE SOSMED

Kalau jualan burung harus sabar, karena pasti ada pelanggan yang baru mau mulai hobi, tapi ada juga yang sudah paham.”

JAKARTA - Pecinta burung semakin lama semakin marak, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan, dari yang tinggal di perkampungan sampai perkotaan. Salah satu alasan mengapa burung pantas dijadikan suatu hobi karena keindahan warna dan suara yang dikeluarkannya. Ditambah, ada berbagai macam jenis burung yang bisa diikutsertakan dalam kontes, agar harga burung semakin melonjak.

Bagi Sahabat Tani khususnya para pecinta burung pasti sudah tidak asing lagi dengan pasar burung yang terletak di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Pasar burung yang satu ini menjual berbagai jenis burung, mulai dari peranakan hingga dewasa. Jenisnya pun beragam ada murai batu, lovebird, dara, kacer, dan masih banyak lagi. salah satu penjual yang sudah 10 tahun merintis usahanya yaitu Samsu (42), ia menjual jenis burung lovebird dan burung dara.

“Kalau jualan burung harus sabar, karena pasti ada pelanggan yang baru mau mulai hobi, tapi ada juga yang sudah paham. Kebanyakan sih yang beli di saya yang baru mau mulai pelihara, kemungkinan belinya lovebird. Karena dia lagi viral banget di mana-mana,” ujar nya kepada JagadTani, belum lama ini.

Baca juga: Berkenalan dengan Burung Unta

Samsu juga mengatakan, semakin hari pasar burung di Kebayoran Lama ini makin ramai dikunjungi oleh Kicau Mania.

“Di sini enggak hanya jual doang, tapi jual beli juga jadi ada. Misalkan bawa burung kalau cocok ya biasanya langsung dibeli sama pedagang di sini, tapi pasti harganya lebih murah, karena kan mau dijual lagi,” ujar Samsu.

Menurut Samsu, harga burung di pasar burung Kebayoran Lama relatif murah, mulai dari Rp30.000 hingga lebih dari Rp1 juta. Kebanyakan, para pedagang di pasar burung ini mendatangkan burung-burung tersebut dari tempat penangkarannya, yaitu dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Walau pasar burung di Kebayoran Lama memang tidak seramai pasar burung di Jalan Pramuka, Jakarta Timur, karena kesannya yang terlihat kontor dan berantakan.

Namun, pasar burung di Kebayoran Lama ini tak pernah sepi pengunjung. Setiap hari, selalu ada pecinta burung maupun bakul burung yang datang ke tempat ini. Samsu dan pedagang lain berharap pemerintah setempat memperbagus pasar ini agar tidak terlalu terlihat jorok dan berantakan.

Baca juga: Potensi Besar Ternak Puyuh

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App