• 4 April 2020

Kandang Besi Kurangi Bau Kambing

SHARE SOSMED

Awalnya uji coba dahulu, ganti kandangnya pakai yang besi, karena pakai besi juga harganya lebih murah dibandingkan dengan kayu. Setelah uji coba, alhasil baunya di sekitar sini aja.”

TANGERANG SELATAN - Ternak kambing dan domba menjadi salah satu bisnis yang dianggap memiliki keuntungan yang menggiurkan. Banyak keuntungan yang bisa didapat dari bisnis ternak ini, mulai dari daging, susu, bulu, hingga kotorannya, terlebih lagi keuntungan ternak kambing di Indonesia pada jelang hari raya Idul adha.

Bagi para peternak, menjaga kesehatan kambing dan domba tentu menjadi hal yang utama. Perawatan yang tepat menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh para peternak. Salah satunya mengenai bau yang timbul dari kotoran kambing. Pemilik dari Wahyu Farm, yang ada di Kelurahan Bambu Apus Timur, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Wahyu Susanto, memiliki cara untuk mengurangi timbulnya bau tak sedap yang berasal dari keringat, kotoran, hingga urin kambing dengan membangun kandang menggunakan besi.

“Pikir saya, membuat kandang besi seperti ini untuk mengurangi bau. Awalnya uji coba dahulu, ganti kandangnya pakai yang besi, karena pakai besi juga harganya lebih murah dibandingkan dengan kayu. Setelah uji coba, alhasil baunya di sekitar sini aja,” ucap Wahyu saat ditemui JagadTani.id belum lama ini.

Baca juga: Asal Usul Kambing Etawa

 

Pada awalnya, warga sekitar sempat mengeluh kepada Wahyu terkait bau kambing dari kandangnya yang mengganggu masyarakat. Kemudian, setelah direnovasi menjadi kandang besi, baunya pun berkurang.

“Kalau kandang yang biasanya, kalau keringatan kan lengket, suka menempel di kandangnya. Bikin lebih tambah bau. Kalau besi ini, waktu itu kan saya renovasi kandang, tadinya saya mau pakai kayu, cuma tetangga-tetangga di sini juga sering banget complain karena baunya. Padahal saya renovasi juga bukan untuk memperluas, justru untuk mengurangi timbulnya bau yang berlebihan dari kandang ini,” kata pria 34 tahun ini.

Wahyu pun juga menjelaskan, baginya, menggunakan kandang besi lebih efektif daripada kandang kayu.

“Kandang dengan besi seperti ini juga misalnya kita harus pindah tempat atau bagaimana, itu lebih mudah dibandingkan dengan kayu. Bongkar kayu lebih susah, sedangkan pakai kandang besi tinggal angkut saja,” Jelas Wahyu.

Baca juga: Cara Alami Atasi Penyakit Kambing

 

Pria asal Tangerang ini juga mengaku, awal niat membuat kandang besi karena ingin membantu temannya yang sedang membutuhkan pekerjaan. Ditambah lagi, harga pembuatan kandang besi jauh lebih murah dibandingkan dengan harga kandang kambing dengan menggunakan bahan dasar kayu.

“Awalnya tuh saya ikut kontes kambing di Malang, Piala Presiden (red). Lalu beli kandang kayu dengan harga sekitar Rp6 juta, kayunya jati. Nah, kemudian, saya punya teman yang kebetulan sedang butuh pekerjaan. Akhirnya saya bantu dengan meminta dibuatkan kandang kambing dan dari situ akhirnya jadilah kandang besi kambing ini. Niat awalnya mah mau membantu teman, ternyata pakai kandang besi jauh lebih menguntungkan. Tak hanya dari segi harga, menguntungkan dari segi baunya juga dan ini sih jauh lebih modern kandang yang seperti ini,” tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App