• 9 Agustus 2020

Cara Alami Atasi Penyakit Kambing

uploads/news/2020/01/cara-alami-atasi-penyakit-618956e231828f8.jpeg
SHARE SOSMED

Penyakit kambing itu paling ya gatal karena cuaca panas seperti ini, terus pilek kedinginan.

TANGERANG SELATAN - Bagi sebagian besar peternak pemula, untuk mengobati kambing yang sakit sering mengalami kesulitan. Ini kemungkinan karena belum mengetahui jenis obat yang ingin dibeli dan harga obat yang terlalu mahal, sehingga sulit terjangkau oleh peternak. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dicari alternatif lain seperti menggunakan obat tradisional yang harganya tergolong murah dan dapat dilakukan oleh peternak pemula.

Meski demikian, usaha pencegahan juga perlu dilakukan dengan menjaga kebersihan ternak dan lingkungannya, pemberian pakan yang cukup (kualitas dan kuantitas), bersih, dan tidak beracun. Lutfi (24) memberikan tips kepada Sahabat Tani mengenai cara alami mengatasi berbagai penyakit pada kambing. Pertama, kenali penyakitnya terlebih dahulu.

“Penyakit kambing itu paling ya gatal karena cuaca panas seperti ini, terus pilek kedinginan. Agak sulit itu, kalau sudah terkena penyakit kembung. Kalau enggak cepat ditangani bisa sampai lewat (mati),” jelasnya kepada Jagad Tani belum lama ini.

Baca juga: Boer, Kambing Kekar asal Afrika

Penyebab kambing mengalami kembung, menurut Lutfi, biasanya berasal dari makanan yang banyak mengandung gas seperti daun singkong, kacang-kacangan. Pria yang memang hobi beternak kambing ini juga sangat paham bila salah satu kambingnya mulai terjangkit penyakit yang lumayan serius dan harus segera diobati.

“Obatnya kalau kembung bisa kita pakai asam jawa dan gula merah, itu bisa sembuh dalam waktu satu jam kurang lebih. Bisa juga pakai minyak sayur. Cara tahu nya dia sakit itu ketahuan dari pola makannya yang berkurang terus dan jadi lemas enggak bergairah,” tutup Lutfi.

Baca juga: Sukses Ternak Kambing karena Hobi

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App