• 7 April 2020

Zodia, Tanaman Ampuh Pengusir Nyamuk

SHARE SOSMED

Iya zodia ini kan berpengaruh sekali ya buat mengusir nyamuk, jadi diperbanyak saja.”

TANGERANG SELATAN - Puskesmas Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, tengah gencar menanam tanaman pengusir nyamuk yaitu zodia. Menurut staf puskesmas setempat, Jamharis (45), pengembangan tanaman ini dilakukan guna menghindari serang nyamuk demam berdarah di lingkungan sekitar. Ia juga mengatakan penanaman zodia ini juga sudah dilakukan sejak setahun yang lalu.

“Iya zodia ini kan berpengaruh sekali ya buat mengusir nyamuk, jadi diperbanyak saja,” ujarnya.

Baca juga: Kilauan Jambu Kristal Tanpa Biji

Zodia sendiri berasal dari Papua. Tanaman pengusir nyamuk ini kerap digunakan penduduk setempat sebelum memasuki hutan. Biasanya, mereka menggosokkan zodia pada tubuh mereka. Meski erat dengan masyarakat Papua, Sahabat Tani tidak harus jauh-jauh mencari zodia ke sana, karena tanaman pengusir nyamuk ini sudah ada di Pulau Jawa.

Zodia sendiri memiliki tinggi antara 0,3-2 meter dengan panjang daun dewasa 20-30 sentimeter. Selain itu, zodia juga cocok ditanam di ketinggian 400-1000 meter di atas permuakaan laut. Sama dengan tanaman pengusir nyamuk lainnya, zodia juga punya zat yang dibenci nyamuk.

Zat tersebut bernama evodiamine dan rutaecarpine. Meski berguna sebagai pengusir nyamuk, zodia juga berkhasiat untuk menambah stamina dan mengobati malaria. Selain menanam zodia di puskesmas ini juga ditanam tanaman obat lainnya.

“Ada juga tanaman obat seperti kumis kucing, ciplukan, daun zinten, tapi memang paling banyak zodia” jelas Jamharis.

Baca juga: Horenzo, Bayam Jepang yang Lezat

Menurutnya, dari segi cuaca, saat ini kurang mendukung dan rawan munculnya penyakit. Sehingga, kesehatan warga sekitar harus dijaga. Apalagi, saat musim pancaroba tiba, nyamuk akan bermunculan lalu menyerang orang dewasa dan anak-anak. Jamharis pun berharap penanaman zodia dan tanaman obat lainnya terus ditanam di puskesmas kelurahan lain.

“Kalau perlu semua rumah harus ada minimal tanaman obat deh. Tidak usah zodia dulu, karena penting juga kan kalau ada salah satu keluarga yang sakit tidak perlu beli obat dan bisa memanfaatkan tanaman,” tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App