• 4 April 2020

Citra Trubus Tanam 50.000 Cabai

uploads/news/2020/01/poktan-citra-trubus-tanam-2220012692e9640.jpg
SHARE SOSMED

Budidaya tanaman cabe besar milik Poktan Tani Citra Trubus ini dapat diadopsi poktan yang lain untuk menyiapkan ketersediaan sayur-sayuran di Bangka Tengah.

BANGKA TENGAH - Setalah sukses membudidaya Cabai Besar di tahap pertama, dan ingin mengulang kesuksesan di tahap kedua kembali. Kelompok Tani Citra Trubus, Dusun Nadi, Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, membudidayakan tanaman cabai besar sebanyak 50.000 pohon cabe besar di atas lahan seluas tiga hektare. 

"Budidaya tanaman cabe besar milik Poktan Tani Citra Trubus ini dapat diadopsi poktan yang lain untuk menyiapkan ketersediaan sayur-sayuran di Bangka Tengah. Selain cabai, kita berharap bisa membudidayakan tanaman sayur lainnya dengan mengedepankan konsep organik yakni menggunakan pupuk MA11,” ujar Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh, saat melakukan penanaman cabe besar, Selasa (21/1) kemarin.

Baca juga: Jurus Bateng untuk Tingkatkan Pertanian

Sementara itu, Ketua Poktan Tani Citra Trubus, Acoi mengatakan budidaya tanaman cabai besar sebanyak 50.000 pohon di atas tiga hektare merupakan lahan milik Poktan Tani Citra Trubus. 

“Sebanyak 50.000 pohon cabe besar yang kita tanam dengan luas lahan tiga hektare,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pupuk dasar dan pupuk lanjutan yang digunakan adalah pupuk organik MA11.

“Untuk pupuk dasar dan pupuk lanjutan menggunakan MA11. Hal ini sudah berhasil kita coba, yang mana sebelumnya menghabiskan modal Rp200 juta di atas lahan dua hektare. Setelah menggunakan pupuk MA11 modal yang dihabiskan sebesar Rp90 juta. Artinya biaya produksi ditekan sampai 80%,” tuturnya.

Baca juga: Potensi Budidaya Sapi di Bateng

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App