• 4 April 2020

Toraja Utara Kembangkan Teknologi Pertanian

uploads/news/2019/12/toraja-utara-kembangkan-teknologi-729853a19f7656f.jpg
SHARE SOSMED

“Kita ini butuh produksi bibit kopi yang unggul serta cepat, kami sampai membuat Peraturan Bupati yang mengatur larangan untuk menebang pohon kopi.”

JAKARTA - Sektor pertanian dan peternakan memiliki peluang yang besar dalam pengembangan ekonomi masyarakat di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan mengatakan salah satu masalah yang dialami saat ini adalah kurangnya bibit kopi unggul di wilayah Toraja. Kopi Toraja saat ini baru menyumbangkan 20% dari jumlah kopi yang di ekspor dari Indonesia.

"Kita ini butuh produksi bibit kopi yang unggul serta cepat, kami sampai membuat Peraturan Bupati yang mengatur larangan untuk menebang pohon kopi. Kami ingin produksinya bisa meningkat, selain itu juga potensi kopi ini bisa dijadikan salah satu bagian dari pariwisata di Toraja" tutur Kalatiku dalam keterangan pers Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) belum lama ini.

Baca juga: Ubi Tumbuh di Bawah Jati

Bupati Toraja Utara juga menambahkan, saat ini kerbau di Toraja dipelihara secara tradisional, sehingga perlu sentuhan teknologi dalam meningkatkan produksi ternak. Ternak kerbau merupakan komoditas yang memiliki pasar besar di toraja. Selain kebutuhan daging untuk konsumsi, kerbau juga banyak dibutuhkan untuk prosesi upacara adat Toraja.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Deputi Kepala Bidang Pusat Kebijakan Teknologi (PKT) BPPT Gatot Dwianto mengatakan BPPT siap mengembangkan pembibitan Ex-Vitro untuk menghasilkan bibit kopi yang unggul. Tidak hanya bibit kopi, tapi BPPT bisa membuat kawasan technopark yang sudah diterapkan di beberapa kota di Indonesia seperti di Bantaeng dan di Cimahi.

"Dalam technopark ini kita bisa membuat mulai dari pembibitan, kedai kopi, sampai dengan wisata di kebun kopi," tutur Gatot.

Baca juga: Kulit Kopi untuk Pakan Ternak

Dalam bidang peternakan, BPPT akan menyiapkan formulasi pakan bernutrisi sesuai dengan potensi pakan yang ada di Toraja Utara. Diharapkan kerja sama antara BPPT dan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara terus terjalin dalam membangun Toraja Utara yang semakin berdaya saing.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App