• 24 January 2022

Ini Syarat Ryukin jadi Juara Kontes

SHARE SOSMED

“Kalau kontes mas koki, warna itu penilaian terakhir. Jadi, lebih ke anatomi badannya. Ada beberapa anatomi badan mas koki salah satunya jenis ryukin yang harus diperhatikan kalau mau menang kontes”

Jika Sahabat Tani pencinta ikan hias, pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan yang memiliki bentuk tubuh yang sangat lucu ini, yaitu mas koki.

Selain dipelihara, ikan hias banyak diadakan ajang kontes. Tidak hanya ikan cupang saja yang sering diadakan ajang kontes, ternyata mas koki juga demikian. Berawal dari individu yang membentuk komunitas, kemudian diadakanlah kontes mas koki untuk memperlihatkan kecantikan serta keberanian ikan tersebut.

“Kalau kontes mas koki, warna itu penilaian terakhir. Jadi, lebih ke anatomi badannya. Ada beberapa anatomi badan mas koki salah satunya jenis ryukin yang harus diperhatikan kalau mau menang kontes,” ucap Vania, salah satu penghobi ikan hias mas koki yang masih berumur 13 tahun namun sudah menggaet banyak penghargaan.

Baca juga: Rahasia Mencetak Ranchu Kontes

Mata Vania bahkan setajam elang dalam melihat kecantikan ikan mas koki. Ia bahkan seringkali menjadi side juri dalam ajang kontes ikan mas koki.

Dan, tidak semua mas koki bisa diikut sertakan dalam ajang kontes, harus dipilih berdasarkan kriteria yang bagus dan cantik. Untuk itu, Vania membeberkan beberapa rahasia ikan mas koki jenis ryukin agar bisa menang kontes.

“Rahasia ryukin menang kontes itu ada beberapa syarat, pertama bentuk badannya harus bulet. Ryukin badannya tidak boleh lurus. Semakin naik, justru akan semakin bagus. Jadi, jarak kepala ke badannya itu tidak boleh lurus,” ungkap gadis kelahiran 4 Desember itu.

Tak hanya itu, kata Vania salah satu ciri dan tanda mas koki ryukin dapat dipilih bahkan menang kontes ialah memiliki sirip yang tegak dan mulut yang runcing. “Kemudian rahasia selanjutnya, faktor ryukin bisa menang kontes berikutnya yaitu dorsal atasnya harus lurus atau tegak bahkan saat berenang tetap harus tegak dan lurus siripnya. Jadi, dia kaya berotot dan keker gitu,” tambahnya.

Baca juga: Anak Band Sukses Ternak Mas Koki

Lalu Vania menjelaskan, penting bagi Sahabat Tani untuk memperhatikan bentuk ekornya. Katanya, ekor ryukin kontes tidak boleh melengkung, “kalau di istilah kami sebutannya nge-C. karena bentuk yang bagus itu seperti membentuk huruf V, kalau dia melengkung bentuknya seperti huruf C,” imbuhnya.

Anak kedua dari dua bersaudara itu menambahkan, “selain itu analnya juga berpengaruh ya. Analnya harus ada dua di bagian kanan dan kiri. Kalaupun hanya satu, posisinya harus ada di tengah. Kalau satu tapi posisinya di kiri atau di kanan, maka gagal sudah alias tidak bagus,” tutupnya.

Baca juga: Breeding Mas Koki bagi Pemula

Related News