• 24 April 2024

Rahasia Mencetak Ranchu Kontes

uploads/news/2021/12/rahasia-mencetak-ranchu-kontes-73931b3792ce367.jpg

“Kalau untuk kriteria kontes mas koki jenis ranchu itu ada rahasianya..”

Ikan mas koki yang keren dan cantik tentu jadi idaman bagi semua para pencintanya. Selain dijadikan hewan peliharaan, ternyata ikan mas koki juga ramai untuk dijadikan ajang kontes. Bukan untuk diadu, melainkan untuk dipertandingkan kecantikannya. Kontes ikan mas koki bahkan mulai banyak digaungkan di Indonesia.

Vania, salah satu penghobi ikan mas koki yang berhasil mencetak banyak penghargaan dari ajang kontes mas koki menjelaskan beberapa jenis mas koki yang paling banyak dipelihara, “ada beberapa jenis mas koki yang umum dipelihara yaitu ranchu, ryukin, demekin dan oranda,” katanya kepada Jagad Tani saat ditemui di rumahnya yang berlokasi di perumahan alam sutera asri 4.

Baca juga: Anak Band Sukses Ternak Mas Koki

Jika Sahabat Tani ingin mas koki kesayangannya ikut dalam ajang kontes, perlu mengetahui beberapa kriteria yang harus di siapkan. Tentu ikan yang dipakai untuk kontes memiliki kualifikasi tertentu yang tentunya hampir sempurna. Namun, tidak ada yang rumit dalam persiapan kontes mas koki. Perempuan yang masih berusia 13 tahun itu menjelaskan beberapa kriteria untuk mencetak salah satu jenis mas koki ranchu agar menang kontes.

“Kalau untuk kriteria kontes mas koki jenis ranchu itu ada rahasianya. Pertama, kurva bandan ranchu jangan sampai sejajar dengan kepalanya. Dia kan tidak ada dorsalnya ya, nah punggung ranchu itu bentuknya tidak boleh gradakan,” kata Vania.

Baca juga: Breeding Mas Koki bagi Pemula

Umumnya ikan mas koki kualitas kontes harganya mencapai jutaan rupiah. Memilih ikan mas koki yang bagus kualitas kontes bisa Sahabat Tani lakukan ditempat peternak secara langsung. Karena umumnya ikan kontes tidak diperjual belikan di toko ikan hias. Sangat jarang toko ikan hias yang menjual ikan-ikan mas koki yang bagus karena memang kualitasnya premium.

“Waktu itu juga ada ikan mas koki punyaku yang menang kontes dan papi jual bisa ratusan juta harganya. Sebenarnya aku nggak rela, itu pun pembeli berikutnya bukan sembarang pembeli. Jadi aku pastikan di tangan selanjutnya dia betul-betul akan dirawat,” jelasnya.

Baca juga: Memilih Mas Koki yang Sehat

Lebih lanjut perempuan kelahiran 4 Desember itu membeberkan rahasia berikutnya, “rahasia ranchu bisa menang kontes berikutnya, ekor ranchu tidak boleh lebar, panjang dan besarnya melebihi badan si ikan,” ucap Vania.

Selanjutnya, bukan hanya dari tampilan fisik yang dijadikan kriteria menang kontes bagi ranchu, rupanya cara jalan bisa menjadi faktor kemenangan berikutnya.

“Cara berenang juga bisa mempengaruhi kriteria menang kontes. Nah, cara berenangnya itu kaya cara berenang artis. Dikatakan berenang kaya artis itu berenang kaya sombong dan songong gitu. Sesekali jalan, kemudian berhenti,” tutupnya.

Baca juga: 4 Jenis Ikan Hias Terpopuler

Related News