• 24 January 2022

Kopi vs Teh di Pagi Hari

uploads/news/2021/12/kopi-vs-teh-di-189393622de77ec.jpg
SHARE SOSMED

“Diantara kopi dan teh, keduanya memang mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.."

Memulai pagi dengan pilihan makanan bergizi adalah salah satu faktor terpenting untuk memperkuat kesehatan tubuh dalam menjalankan aktivitas. Selain mengatur pola makan, ada kebiasaan yang sering dilakukan oleh masyarakat saat pagi hari, yaitu meminum kopi dan teh.

Beberapa orang ada yang memilih minum kopi saat pagi hari karena diyakini dapat membuat mereka senantiasa terjaga dan siap beraktivitas sepanjang hari. Namun bagi yang tidak suka kopi, lebih memilih minum teh. Diantara kopi dan teh, mana yang lebih baik untuk diminum saat pagi hari?

Dokter umum di Klinik Pratama KMK I Kabupaten Tangerang, Banten, Dionissa Shabira menjelaskan, minum kopi dan teh di pagi hari mengandung kebaikan karena terdapat kandungan kafein dan antioksidan.

“Diantara kopi dan teh, keduanya memang mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh, dengan catatan jika diminum tanpa tambahan gula, krimer atau susu,” ucap alumnus Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta 2016 itu.

Baca juga: Rekomendasi Buah-buahan Terbaik untuk Sarapan Pagi

Antioksidan dalam teh dan kopi juga membantu mengurangi peradangan sehingga menekan risiko kanker, penyakit jantung, dan diabetes. “Jadi mana yang lebih baik kopi atau teh adalah benar-benar tergantung. Selama tubuh kamu tidak sensitif terhadap kafein dan tidak menderita sakit maag, tubuh kamu bisa saja mengonsumsi kopi ataupun teh,” jelas Dionissa.

Dalam satu cangkir kopi hitam ukuran 8 ons mengandung sekitar 95 miligram kafein. Sedangkan dalam teh dengan ukuran yang sama mengandung 48 miligram. Tampak jelas bahwa kopi memiliki kadar kafein yang lebih banyak dibandingkan teh. Untuk itu, Sahabat Tani cukup sesuaikan dengan kebutuhan kafein tubuh masing-masing.

“Sebenarnya tubuh kita butuh kafein asal dalam kadar yang tidak berlebihan. 200-400 miligram per hari untuk kopi atau setara dengan maksimal dua cangkir kopi dalam satu hari,” imbuhnya.

Baca juga: Rekomendasi Buah-buahan untuk Asam Lambung

Jika mengonsumsi kafein dengan kadar yang berlebihan akan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh. “Kalau kelebihan kafein akibat minum keduanya secara berlebihan, bisa gangguan tidur, berdebar, kecemasan berlebih, badan lemas bahkan sampai diare dan mual-mual,” kata Dionissa.

Meski teh memiliki kadar kafein yang lebih rendah dari kopi, namun sama saja, akan tidak baik bila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. “Untuk teh juga sama tidak boleh berlebihan, tidak lebih dari dua cangkir. Karena minum teh berlebih bisa ganggu penyerapan zat besi. Kemudian tidak baik dikonsumsi saat makan ya,” tuturnya.

Jadi, apakah teh lebih baik dari kopi atau sebaliknya, itu tergantung pada orang-orang yang mengonsumsinya, disesuaikan dengan kondisi kesehatan tiap orang.

“Tapi sebenarnya saat pagi hari memang paling baik dan aman dikonsumsi ya air putih ya. Teh dan kopi sebenarnya tidak direkomendasikan, apalagi bagi yang memiliki riwayat maag, sangat tidak disarankan minum keduanya di pagi hari,” tutupnya.

Baca juga: Kol Goreng, Lezat Tapi Berbahaya

Related News