• 24 January 2022

Ini Faktanya Lebah Betina Dan Jantan

SHARE SOSMED

"Sebenarnya lebah betina juga bisa bertelur, tapi bila tidak ada ratunya, telur yang dihasilkan tidak akan beraturan, seperti ada tiga sampai empat butir telur dalam satu sel telur di sarang heksagonal"

Lebah madu adalah serangga yang hidup berkoloni. Koloni terdiri dari lebah ratu, lebah jantan, dan lebah pekerja. Lebah mampu menghasilkan madu dalam jumlah besar di sarangnya. Padahal, kehidupan lebah betina sangat berpengaruh dalam proses produksi madu. Mengapa demikian?

Baca juga: Khasiat Super Madu Klanceng

Dalam koloni lebah, lebah betina ditugaskan sebagai lebah pekerja yang mencari nektar dan serbuk sari untuk makanan ratu dan larva. Sholeh, salah satu pembudidaya lebah madu Apis Cerana yang berlokasi di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, menjelaskan cara kerja lebah betina.

Kalau lebah itu antara jantan dan betina tugasnya kebalik, seharusnya yang jantan bekerja tapi ini betina yang bekerja. Karena lebah betina bertugas mencari makan ratu, sedangkan lebah jantan tidak ada tugas, tugasnya hanya mengawinkan ratu. setelah itu mati,” kata Sholeh kepada Jagad Tani, saat ditemui di tempat budidaya lebah madunya.

Baca juga: 4 Fakta Unik Dari Lebah Klanceng

Seperti yang kita ketahui, seekor betina pasti akan menghasilkan telur. Namun, dalam kehidupan lebah yang bisa bertelur hanya ratu lebah. Tapi tidak menutup kemungkinan juga lebah betina bisa bertelur. “Sebenarnya lebah betina juga bisa bertelur, tapi bila tidak ada ratunya, telur yang dihasilkan akan tidak beraturan, seperti ada tiga sampai empat butir telur dalam sel telur di sarang heksagonal. Sedangkan jika ada ratu, telurnya akan teratur menjadi satu per satu, sehingga dalam satu koloni lebah pasti ada ratunya,” imbuhnya.

Selain itu, jumlah lebah betina dalam satu koloni bisa mencapai ribuan dan tugasnya cukup berat. Seperti membuat sarang, memproduksi dan memelihara madu serta mencari air. Lebah pekerja memiliki rentang hidup yang pendek, hanya sekitar enam minggu. Lebah pekerja memiliki sengat yang digunakan untuk mempertahankan dirinya ketika merasa terancam.

Baca juga: Budidaya Madu Klanceng yang Menggiurkan

Sedangkan lebah jantan hanya ada ratusan ekor dalam satu koloni. Hidupnya bertugas mengejar ratu untuk menikahinya, setelah itu mereka pun mati. Lebah madu ini dikenal pemalas, karena makannya banyak dan biasanya dihidangkan oleh lebah pekerja. Siklus hidupnya cukup panjang sekitar satu bulan.

 

 

 

Related News