• 19 April 2024

Axolotl, Monster laut dari Meksiko

uploads/news/2021/10/axolotl-monster-laut-dari-1128306451f8919.jpeg

Hebatnya, seekor Axolotl dapat menumbuhkan kembali anggota tubuh yang hilang hanya dalam beberapa minggu.

Tahukah Sahabat Tani, Indonesia ternyata ada di peringkat keempat sebagai negara yang memiliki jumlah terbanyak spesies terancam punah. Tak kurang dari 1.206 spesies yang ada di tanah air, masuk dalam daftar terbaru yang dirilis oleh International Union for Conservation of Nature atau IUCN yang dirilis pekan sebelumnya. Dunia Fauna dikenal banyak sekali spesiesnya.

Begitupun di kelas pisces, ada begitu banyak ikan unik yang jarang diketahui banyak orang. Seperti contohnya Axolotl. Nama yang jarang bahkan ada yang tidak pernah mengetahui bagaimana jenis dan rupa ikan ini. Axolotl memang menjadi perhatian penggemar hewan, karena mempunyai empat kaki kecil yang menggantung saat berenang. Selain itu, bentuk insangnya unik seperti kipas yang menempel di kedua pipi, sehingga mendapat julukan ‘Naga Air’ yang lucu dan menggemaskan.

Baca juga: Asal-Usul Si Jenong, Louhan

Kunnadi Harianto, Pemilik Raden Farm sekaligus pembudidaya Axolotl mengatakan hewan ini adalah salah tu hewan yang aneh dan unik karena bentuknya yang menyeramkan dan asal habitatnya yang belum banyak diketahui banyak orang.

“Axolotl ini sebenarnya termasuk golongan salamander juga yang berasal dari danau Xochimiko, meksiko. Tetapi bedanya dia dengan salamander axolotl termasuk dalam jenis neotenic yaitu dapat dapat tumbuh dewasa meskipun mengalami kegagalan metamorfosis. Kegagalan metamorfosis disebabkan karena rendahnya hormon tiroid pada Axolotl yang cenderung hidup di daerah pegunungan dengan kadar iodium yang juga. Tanpa asupan iodium yang cukup, hormon tiroid akan terhambat produksinya,” jelasnya saat ditemui Jagadtani.id belum lama ini.

Kun menjelaskan keunikan hewan ini yaitu axolotl dapat menumbuhkan kembali anggota tubuh yang sama hingga berkali-kali. Tampaknya, ada batasan berapa kali axolotl mampu menumbuhkan kembali anggota tubuhnya.

Baca juga: Cara Cepat Membersihkan Kerang Hijau

Para ilmuwan memang menemukan bahwa pada kelima kalinya, beberapa anggota badan dapat tumbuh kembali ke potensi sebelumnya dan sebagai gantinya, jaringan parut mulai terbentuk. Cabang-cabang yang tampak berbulu yang memanjang dari kedua sisi kepalanya adalah insangnya. Axolotl mempertahankan insangnya, tetapi juga memiliki paru-paru yang berfungsi penuh. Mereka akan sering naik ke permukaan untuk menghirup udara.

“Ini hewan sebenarnya unik banget memang, dia dibilang ikan tapi punya kaki, dibilang reptil juga bukan, yang jelas dia amfibi. beberapa waktu lalu hewan ini sempat masuk daftar hewan yang terancam punah tapi sekarang sudah tidak karena sudah banyak yang breeding di negara-negara besar seperti Amerika, Filipina, sampai Indonesia,” jelas pria lulusan Universitas Pelita Harapan itu.

Baca juga: Faktor Penyebab Lobster Mudah Mati

Axolotl memiliki kemampuan yang menakjubkan untuk meregenerasi organ tubuh dan anggota tubuh yang hilang. Hebatnya, seekor axolotl dapat menumbuhkan kembali anggota tubuh yang hilang hanya dalam beberapa minggu. Ia bahkan dapat meregenerasi paru-paru, jantung, sumsum tulang belakang, dan bagian otaknya, jika ia mengalami cedera kepala dan sembuh tanpa bekas luka.

Related News