• 20 April 2024

Mengenal Furadan Pembasmi Hama Tanaman

“Buat pemula, jangan sampai terlalu banyak memberikan furadan ke tanaman hias. Secukupnya saja. Ambil sejumput ujung jari atau satu sedok teh untuk takaran pemberian furadan”

Untuk Sahabat Tani yang masih pemula dalam merawat tanaman, biasanya akan bingung mengatasi hama yang seringkali menyerang tanaman kesayangan kalian. Nah, untuk mengatasi hama, ada salah satu insektisida yang bisa Sahabat Tani gunakan, yaitu Furadan.

Furadan adalah sebuah insektisida yang bisa Sahabat Tani gunakan untuk mengatasi berbagai hama yang menyerang tanaman kalian. Biasanya hama yang sering muncul yaitu cacing, ulat, semut, perusak daun, bintil akar, penggerek batang dan hama lainnya. Dengan menggunakan furadan ini, mempu mengendalikan hama pada jenis setiap tanaman. Termasuk untuk pengendalian hama tanaman hias.

Baca juga: Lawan Hama dengan Pestisida Nabati

Namun, penggunaan furadan tetap harus diperhatikan juga ya, Sahabat Tani. Pengaplikasian furadan tidak boleh berlebihan karena jika berlebih dapat membuat tanaman jadi cepat layu, merusak kondisi tanaman bahkan bisa mati. Evi, salah satu pembudidaya tanaman hias di Graha Raya menjelaskan mengenai penggunaan furadan.

“Buat pemula, jangan sampai terlalu banyak memberikan furadan ke tanaman hias. Secukupnya saja. Ambil sejumput ujung jari atau satu sedok teh untuk takaran pemberian furadan,” tutur Evi saat ditemui di Amelia Floris, Jalan Boulevard Graha Raya, Cipondoh, Banten, belum lama ini.

Baca juga: Tips Mengatasi Penyakit pada Porang

Furadan ini berbentuk butiran berwarna ungu dan mengandung bahan aktif carbofuran sebanyak 3%. Bahan aktif dalam furadan akan diserap tanaman dan menyebar ke seluruh bagian tanaman. Kata Evi, sebaiknya jangan gunakan furadan dalam jangka waktu yang lama. Furadan cukup diberikan bila tanaman sedang terserang hama.

Baca juga: Mengatasi Cabai Kering di Pohon

“Kalau furadan disediakan ada yang per satu kilogram, ada juga yang per dua kilogram. Atau kalau mau yang kecil-kecil seperti plastik kecil juga ada. Cara pakainya, bisa taburkannya diatas media tanamnya, cukup diberikan setiap satu bulan sekali,” jelas Evi.

Selain bagus untuk tanaman hias, furadan juga ampuh digunakan untuk tanaman padi, jagung, cengkih, jeruk, kentang, tebu, teh, cabai, tomat, tembakau dan masih banyak lagi. Namun, perlu dicatat bahwa setiap dosis tanaman juga berbeda-beda. Tergantung ukuran dan hama yang menyerang.

Baca juga: Fakta Virus Hewan Menularkan Manusia

Baca juga: Ini Rekomendasi Makanan Koral Terbaik

 

Related News