• 28 April 2024

Mengatasi Cabai Kering di Pohon

"Tips mengatasi pohon cabai kering yaitu pertama, disemprot air cengkeh.."

JAKARTA - Diantara kendala atau permasalahan yang dialami dalam budidaya tanaman cabai baik itu penanaman dengan sistem polybag ataupun penanaman di lahan yaitu daun tanaman cabe mengalami kuning gosong kering seperti terbakar dan lama-lama rontok berguguran sehingga tanaman tidak tumbuh dengan baik.

Jika terjadi gejala demikian, sebaiknya jangan langsung melakukan tindakan penanganan sebelum diketahui apa penyebab dari keringnya daun tersebut, karena gejala ujung daun mengering seperti terbakar itu ada beberapa faktor penyebabnya, sehingga tidak bisa begitu saja mendiagnosa tanpa melakukan pengamatan terlebih dahulu.

Lia Dahlia, Petani milenial asal Kelurahan Gunung Bunder 2, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ia memberikan tips khusus untuk sahabat tani bagaimana cara mengatasi cabai yang kering saat masih di pohon.

Baca juga: Petani Milenial Panen Raya Cabai

"Tips mengatasi pohon cabai kering yaitu pertama, disemprot air cengkeh kalau nggak langsung cabut supaya nggak menularkan ke yang lain. Karena di dalam cabai busuk itu ada ulat kecil yang loncat-loncat ke pohon cabai yang lain," pungkasnya saat ditemui Jagadtani.id belum lama ini.

Lia mengaku hama sebenarnya juga butuh makan jadi tidak perlu dilakukan pembasmian yang terlalu keras terhadap hama. "Saya kalau sama hama nggak terlalu keras sih nggak pakai yang kimia karena hama disini kan burung ya jadi dia juga memerlukan makan ya bareng-bareng lah biar semuanya kebagian," ujar wanita lulusan Sistem Informasi tersebut.

Baca juga: Tips Mudah Merawat Bonsai Adenium

Lia juga mengatakan menanam cabai cukup sulit apalagi cabai yang ia tanam di lahan seluas 4000 meter jadi harus memerlukan ketelitian dalam merawatnya. "Selain hama kadang cabai-cabai ini juga suka busuk, kalau cabai busuk ya beberapa pasti ada satu pohon bisa tiga batang cabai atau nggak ada yang numbuh sama sekali karena butuh ketelitian juga harus diperiksa pohon perpohon," jelasnya.

Mengatasi cabai yang kering juga bisa dengan mengurangi kelembapan di sekitar tanaman cabai dengan memberikan ruang bagi air dan udara untuk mengalir seperti dengan menyiangi gulma, karena gulma dalam jumlah besar akan menyebabkan aliran air terhambat dan kelembapan meningkat. Lia juga menyarankan untuk menjaga jarak antar-tanaman, karena jarak tanaman yang rapat membuat kondisi lingkungan semakin lembap. 

Baca juga: Cara Mudah Membuat Kandang Jangkring

Related News