• 19 April 2024

Petani Milenial Panen Raya Cabai

"Jenis cabai yang Lia tanam di lahan seluas 4000 Meter itu merupakan jenis cabai merah keriting. Itu sebab, menurutnya jenis ini lah yang paling diminati masyarakat karena harganya stabil dan rasanya pun tidak terlalu pedas dan juga tidak terlalu manis"

BOGOR - Cabai merah keriting merupakan salah satu bahan wajib untuk memasak karena memiliki cita rasa pedas yang paling diminati banyak orang khususnya masyarakat Indonesia. 

Namun, budidaya cabai merah keriting memang tidak terlalu mudah. Berbagai faktor seperti cuaca yang tidak menentu dan juga serangan hama bisa membuat hasilnya tidak bagus. Apalagi, harganya kadang naik turun dan biaya produksinya terkadang juga tinggi, membuat kita harus benar-benar mengenal cara menanam yang tepat.

Baca juga: Petani Milenial Sukses Panen Timun

Lia Dahlia, Petani milenial asal Kelurahan Gunung Bunder 2, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Ia bersama para petani sekitar sukses panen raya cabai keriting dalam kurun waktu kurang lebih empat bulan. ia pun membagikan kisahnya khusus untuk sahabat tani. "Awalnya karena melihat petani-petani disini itu banyak yang menanam cabai tapi kita cuma bisa mengamati aja nggak pernah nyoba langsung jadi saya berpikir kenapa kita nggak menanam cabai biar tahu gimana susah senengnya nanam cabai ingin mengalami langsung harga naik turunnya berapa dan selain itu karena saya sering dengar di berita kalau nanam cabai itu untungnya besar," pungkasnya belum lama ini.

Jenis cabai yang Lia tanam di lahan seluas 4000 Meter itu merupakan jenis cabai merah keriting. Itu sebab, menurutnya jenis ini lah yang paling diminati masyarakat karena harganya stabil dan rasanya pun tidak terlalu pedas dan juga tidak terlalu manis.

Baca juga: Tips Menyimpan Cabai Tetap Awet

"Untuk panen cabai kali ini kita menggunakan teknik cor, tapi kalau petani disini bilang ini teknik dengan cara organik pakai kotoran kambing, kelinci, dan kuda. Sebisa mungkin menghindari pupuk kimia," ujar wanita lulusan Sistem Informasi tersebut.

Selain pearawatan pupuk, penyiraman juga salah satu hal penting saat bercocok tanam. "Curah hujan disini cukup stabil dan menguntungkan jadi kalau pagi mendung, siang terik banget, sore hujan, dan ketika malem dia teduh. Alhamdulillah cukup membantu para petani untuk penyiraman," tambahnya.

Pada umumnya, cara menanam cabai merah keriting yang benar dilakukan dari pemilihan bibit hingga panen. Memilih bibit yang berkualitas, penyemaian yang tepat, persiapan lahan, proses penanaman, hingga perawatan dan panen perlu dilakukan dengan baik dan benar. "Kurang lebih cabai disini sama petani yang lain sama cuma kita organik kalau mereka mungkin ada campuran kimia," tutupnya.

Baca juga: Panen di Rumah Selama PPKM

Related News