• 29 March 2024

Faktor Penyebab Kambing Cacat

uploads/news/2021/10/faktor-penyebab-kambing-cacat-40524ec9ee6691d.jpg

“Sebenarnya cacat itu sendiri, ada batasannya. Yang dimaksut cacat telinga itu sampai teriris yang menimbulkan luka”

Sahabat Tani, hubungan antara genetik dan kecacatan pada hewan ternak memiliki keterkaitan yang erat. Baik semua makhluk hidup termasuk kambing saat indukan memiliki fisik tidak sempurna, maka akan melahirkan gen sama memiliki ketidak sempurnaan atau kecacatan.

Baca juga : Domba Gemuk dengan Pemberian Konsentrat

Faktanya, kejadian kambing dilahirkan berbeda dengan yang lainnya merupakan hal biasa. Beberapa diantaranya, kambing yang tidak memiliki daun telinga sebelah, kambing yang hanya memiliki dua kaki, kambing yang tidak memiliki ambing sebelah dan sebagainya. Kejadian ini sering menggemparkan masyarakat, dan dikaitkan dengan mitos setempat. Irfan Fathurahman, peternak muda lulusan Teknik Sipil ini menjelaskan bahwa kondisi kambing cacat ini sering terjadi karena beberapa faktor.

“Kalau kambing cacat itu biasanya banyak faktornya, mulai dari faktor genetik atau keturunannya, bisa karena saat perkawinan, virus, pakan dan obat-obatannya. Jadi sebisa mungkin, sebelum mulai berternak beberapa faktor tersebut perlu diperhatikan dan dipelajari supaya kecacatan itu insya Allah tidak kita alami,” ucap Irfan, kepada reporter Jagadtani.id, melalui pesan singkat.

Baca juga : Tips Mengatasi Bau Kandang Domba

Beberapa faktor lainnya juga bisa dikatakan sebagai cacat pada kambing. Salah satunya saat pemberian tag berlebihan pada telinga kambing. Pria kelahiran 1994 ini mengatakan, “biasanya untuk membedakan nama-nama kambing kita pakaikan tag kecil di daun telinga kambing. Namun, hal ini tidak akan menyebabkan cacat telinga. Sebenarnya cacat itu sendiri, ada batasannya. Yang dimaksut cacat kuping itu jika pemberian tag nya sampai teriris yang menimbulkan luka,” tambahnya.

Saat pemberian pakan pada indukan sebaiknya harus dipenuhi kebutuhan nutrisi dan vitaminnya untuk janin di dalam perut. Sebab, hal ini berpengaruh pada pembentukan organ tubuhnya, jika tidak terpenuhi maka janin tidak akan berkembang dan mudah mati. Selain itu, pemberian obat-obatan dengan dosis tinggi dapat menjadi salah satu penyebab kegagalan janin. Hal ini karena, pemberian obat keras bisa merusak jaringan pada janin kambing, untuk itu Sahabat Tani perlu memperhatikan dosis obat-obatan yang hendak diberikan kepada kambing indukan.

Baca juga : Keunggulan Kandang Domba Bahan Kayu

Lebih lanjut, pria darah keturunan Jawa ini menegaskan untuk selalu perhatikan kebersihan kandang, karena katanya, kandang yang bersih tidak akan mendatangkan penyakit dan menjauhkan dari segala virus yang menyebabkan kematian pada kambing.

Related News