• 25 April 2024

Buah Tin, Si Pencegah Diabetes

uploads/news/2021/10/buah-tin-si-pencegah-67591bbd31bd554.jpg

“Karena beberapa pengunjung yang membeli buah tin mengakui kalau buah ini bagus untuk obat diabetes”

Buah tin merupakan buah kaya vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Karena keistimewaannya, buah ini disebutkan dalam al-Quran dan menjadi surat khusus bernama At-Tin. Sama seperti kurma, buah ara juga cocok dijadikan kudapan sehat yang baik dikonsumsi di hari biasa maupun saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Baca juga : Era Modern, Petani Kembali Sekolah

Suyanto Kartosoewarno, pendiri Kuntum Farmfield ini mengaku tanaman buah tin menjadi tanaman favorit bagi para pengunjung. “Tanaman yang sangat disukai oleh pengunjung adalah tanaman buah ara. Tapi pohon buah tin disini lebih besar dan daunnya lebar seperti pohon jati,” ucap Suyanto, kepada Jagadtani.id, saat di temui di Kuntum Farmfield yang berlokasi di Jl. Tajur Raya, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Mengenal Congea, Si Tanaman Unik

Buah tin (Ficus carica) dikenal dengan bentuknya yang unik seperti tetesan air mata. Buah berwana hijau ini ketika sudah matang akan berubah menjadi ungu. Ukurannya kecil seperti ibu jari orang dewasa dan terdapat ratusan biji kecil di dalam nya. Faktanya, satu buah tin mengandung 47 kalori, jika dibandingkan dengan buah lainnya ini merupakan kandungan yang rendah. Buah kaya vitamin dan nutrisi ini juga memiliki banyak manfaat.

“Buah tin selain bisa di konsumsi langsung, ia juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Karena beberapa pengunjung yang membeli buah tin mengakui kalau buah ini bagus untuk obat diabetes,” tutur pria kelahiran darah Jawa ini.

Baca juga : Tips Jitu Merawat Tanaman Bugenvil

Bagi Sahabat Tani penderita diabetes, pada ekstrak daun buah ini bermanfaat untuk meningkatkan insulin dan sifat diabetes lainnya. Dalam hal ini, meminum ekstrak daun tersebut dapat memberikan efek yang baik untuk mengatur kadar gula darah. Jadi, untuk pengobatan diabetes konsumsi buah tin dapat membantu proses penyembuhan.

Selain itu, kandungan rendah kalori dapat menjadi camilan pengganti untuk Sahabat Tani yang sedang melakukan program diet. Buah tin dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah maupun kering. Namun, pada buah ara kering mengandung lebih banyak kadar gula yang mampu meningkatkan jumlah kadar gula darah pada jangkan pendek. Maka, ada baiknya batasi konsumsi buah ara kering untuk mencegah terjadinya hal tersebut.

Baca juga : Ini Jenis-jenis Bunga Bugenvil

Related News