• 20 April 2024

Ini Jenis-jenis Bunga Bugenvil

uploads/news/2021/10/ini-jenis-jenis-bunga-bugenvil-894919e6810182a.jpeg

Ada baiknya Sahabat Tani perlu mengetahui jenis-jenis bugenvil yang populer dijadikan sebagai tanaman hias. Bunga bugenvil memiliki bermacam-macam warna yang cantik.

Apakah Sahabat Tani salah satu pencinta tanaman hias? jika iya, tentunya sudah tidak asing lagi dengan bunga bugenvil. Bunga yang terkenal dengan warna-warna cantik nan menarik ini, membuat siapa saja ingin menanam untuk hiasan atau tanaman pekarangan rumah.

Bunga bugenvil yang memiliki nama ilmiah Bougainvillea adalah jenis tanaman hias yang cukup populer. Memiliki banyak jenis dan warna bunga, tanaman hias juga digemari karena perawatannya yang cukup mudah. Di Indonesia, bunga ini juga akrab dengan nama Bunga Kertas karena kelopaknya yang tipis dan seperti kertas.

Di alam, tanaman hias bugenvil bisa tumbuh menjadi pohon tinggi dan bisa mencapai tinggi beberapa meter. Namun, sebagai tanaman hias, tanaman ini biasanya hanya tumbuh hingga satu meter saja. Pilihan lain untuk menjadikan bunga yang dianggap sebagai tanaman pembawa keberuntungan ini sebagai tanaman hias adalah dengan menjadikannya sebagai tanaman bonsai mungil dengan bunga yang sangat rimbun.

Nah, jika Sahabat Tani berniat untuk merawat bunga bugenvil, ada baiknya Sahabat Tani perlu mengetahui jenis-jenis bunga kertas yang populer dijadikan sebagai tanaman hias. Bunga bugenvil memiliki bermacam-macam warna yang cantik loh, Sahabat Tani.

“Warna bunga kertas ada banyak sekali dan bisa menghasilkan perpaduan warna yang bermacam-macam karena merupakan hasil dari perkawinan silang diantara warna-warna tersebut,” ujar Diaz, salah satu pengelola tanaman hias di Graha Bintaro, Tangerang Selatan saat ditemui Jagadtani.id.

Bugenvil Afterglow

Jenis satu ini menjadi favorit karena bunganya bersemi berulang-ulang kali sepanjang tahun. Bunga kertas afterglow umumnya memiliki warna kelopak bunga jingga, merah, mudah muda, dan juga warna koral. Sahabat Tani bisa pajang bunga kertas afterglow di halaman rumah, pekarangan, kebun di atap rumah, bahkan sebagai tanaman rambat di dinding.

Baca juga: Tips Jitu Merawat Tanaman Bugenvil

Bugenvil Coconut Ice

Keindahan bunga bugenvil coconut ice atau bugenvil putih muncul karena memiliki warna yang cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbun. Warna coraknya yang putih memiliki kesan yang lembut.

“Bunga kertas berwarna putih justru jarang ditemukan. Kalaupun dijual, dia harganya cukup mahal. Apalagi kalau di bonsai. Harganya bisa mencapai Rp 45 juta paling murah. Kalau bentuknya besar, tidak menutup kemungkinan harganya bisa mencapai ratusan juta,” ungkap Diaz.

Baca juga: Melihat Untung Bisnis Pohon Pule

Bugenvil Alexandra

Jenis bunga yang satu ini memiliki warna yang sangat mencolok. Kalau Sahabat Tani senang dengan warna bunga yang menarik perhatian seperti bugenvil Alexandra ini, maka jenis ini sangat cocok dipilih. Memiliki warna ungu yang cerah dan elegan serta bunganya yang rimbun, jenis ini cocok dijadikan tanaman hias untuk dipajang di depan rumah ataupun pekarangan rumah.

Bugenvil Baby Victoria

Pilihan lain jenis bunga kertas yang mekar sepanjang tahun adalah jenis baby victoria. Jenis satu ini memiliki warna magenta dan keungguan yang cantik, cerah, dan juga mencolok. Tanaman satu ini pas ditempatkan di desain taman rumah minimalis.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Bonsai Adenium

Bugenvil Bambino Baby Lauren

Seperti jenis sebelumnya, jenis bunga satu ini memiliki warna yang lembut, hanya saja warnanya lebih keunguan. Kedua jenis bambino baby ini umumnya mekar pada akhir musim semi, awal musim panas, dan juga di akhir musim gugur.

Baca juga: Mengenal Opium, Tanaman Produksi Taliban

Related News