• 26 October 2021

Ini Rekomendasi Makanan Koral Terbaik

uploads/news/2021/09/ini-rekomendasi-makanan-coral-88569f98f6515d5.jpg
SHARE SOSMED

Walaupun pada dasarnya koral tidak terlalu banyak bergerak dan tidak membutuhkan makanan yang banyak, tetapi Sahabat Tani perlu merawatnya agar koral tetap dapat bertahan hidup.

Para penghobi ikan hias biasanya tidak akan puas kalau hanya memelihara ikan saja. Mereka akan menghias akuarium yang dimilikinya dengan sesuatu yang lebih agar akuarium terlihat semakin indah. Salah satunya dengan menghadirkan karang.

Karang atau koral adalah organisme laut yang terdiri dari banyak polip dan menggunakan polip ini untuk makan. Sebagian besar koral memakan alga yang dihasilkan oleh sinar matahari dan sering disebut alga fotosintetik atau zooxanthellae. Ketika disimpan di akuarium terumbu karang, cahaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan lumut yang cukup untuk menopang kehidupan karang seringkali tidak mencukupi.

Karena seringkali tidak tercukupi, maka perlu adanya pemberian makan pada koral, apalagi jika Sahabat Tani menginginkan koral yang tampak sehat dengan polip yang panjang. Walaupun pada dasarnya koral tidak terlalu banyak bergerak dan tidak membutuhkan makanan yang banyak, tetapi Sahabat Tani perlu merawatnya agar koral tetap dapat bertahan hidup.

Baca juga: Java Aquatic, Pusat Aquarium Terlengkap

Buat Sahabat Tani yang sedang bingung mencari makanan untuk koral kesayangan kalian, Nico, salah satu penghobi aquascape dan pendiri dari Java Aquatic, akan memberikan rekomendasi salah satu produk makanan koral yang terbaik. Produk tersebut adalah Aquapharm Seaplankton 5 in 1.

Aquapharm seaplankton 5 in 1 coral food ini kaya akan nutrisi. Didalamnya terdapat campuran eksklusif dari 5 spesies alga yang berbeda dengan rotifera dan telur.

“Brand ini sebenarnya sudah beredar di Indonesia sekitar kurang lebih 10 tahun,” ungkap Nico.

Baca juga: Ini Tips Mudah Merawat Aquascape

Lebih lanjut Nico menjelaskan, “didalamnya ada protein, kemudian ada karotenoid yang sudah dipakai banyak sekali untuk menambah daya tahan si koralnya bahkan reptil pun ada karotenoidnya. Lalu ada omega 6, amino acid dan masih banyak lagi,” jelas Nico.

Java Aquatic merupakan toko aquascape yang dikelolanya bersama Ponto sejak 2017. Di Java Aquatic, Sahabat Tani bisa temukan produk ini dengan harga yang cukup terjangkau.

“Harganya relatif murah, 500ml dibanderol dengan harga Rp 210.000 itu cukup murah. Ini juga barang made in USA,” terangnya.

Sahabat Tani akan bisa lihat hasilnya dalam 2-3 hari setelah penggunaan Aquapharm ini. Nantinya koral akan terlihat lebih penuh dan lebih fluffy (empuk).

Baca juga: Mengenal dan Memelihara Aquascape

Menurut Nico, coral food ini salah satu produk terbaik yang bisa Sahabat Tani gunakan. Selain itu, penggunaanya cukup irit. Satu tutup botol cukup untuk 95 liter air. Pemberiannya cukup satu hingga dua kali dalam seminggu. Nico menyarankan sebaiknya tidak lebih dari dua kali dalam seminggu karena amino acid yang terkandung didalamnya berbahaya jika penggunaannya berlebihan.

Untuk saran penyimpanan, Nico menyarankan langsung simpan didalam kulkas setelah kemasan dibuka.

Baca juga: Standar Perawatan Aquascape yang Sebenarnya

Related News