• 26 October 2021

Java Aquatic, Pusat Aquascape Terlengkap

SHARE SOSMED

Berangkat dari hobi biota laut, Nico dan Ponto berhasil mendirikan toko bernama Java Aquatic yang menyediakan aquascape dan peralatan akuarium.

Hampir dua tahun pandemi Covid-19 terjadi. Selama pandemi, masyarakat dihadapi dengan banyak keterbatasan. Untuk mengisi keterbatasan tersebut, berbagai hobi dilakukan sebagai sarana untuk mendapatkan hiburan dan membunuh penat. Salah satu hobi yang semakin populer saat pandemi adalah aquascape atau seni menghias akuarium.

Semakin hari peminat aquscape dan hal-hal yang berhubungan dengan ikan hias air tawar semakin tinggi, bahkan bisa dimanfaatkan untuk menjadi bisnis dan sumber penghasilan tambahan. Hal ini juga yang mendorong Nico Christy Susanto dan Steven Ponto untuk membangun bisnis dari hobi atau passion mereka di bidang akuarium. Berangkat dari hobi mengenai biota laut, mereka berhasil mendirikan toko bernama Java Aquatic yang menyediakan aquascape dan peralatan akuarium.

Di tokonya yang terletak di Jalan Ciledug Raya, No.1, RT.5 RW.2, Cipulir, Kecamatan Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta semua peralatan ada. Peralatan akuarium yang dijual di sini pun cukup lengkap. Saat Sahabat Tani memasuki tokonya, terdapat dua bagian yang bisa Sahabat Tani temui yaitu perlengkapan air laut dan air tawar. Java Aquatic yang berdiri sejak 2017 ini, menyediakan berbagai perlengkapan untuk akuarium hias air laut, dari mulai biotanya seperti koral, anemon, bahkan hingga ikan-ikannya. Tak lupa juga berbagai suplemen sampai filter yang dijual untuk memastikan ekosistem mini air laut konsumennya tetap terjaga.

Baca juga: Tips Membuat 3D Background Aquarium

Satu hal yang membedakan Java Aquatic dengan toko hobi hias air laut, aquascape, atau pet shop lainnya adalah disini Sahabat Tani gratis mendapatkan edukasi seputar ikan dan biota laut serta nantinya Sahabat Tani akan diberikan edukasi mengenai perlakuan hewan peliharaan sebaik mungkin.

“Sebelum pandemi juga kami sering kerja sama dengan sekolah-sekolah untuk school trip. Di toko kami juga kalau ada orang datang kesini tanpa beli apa-apa, boleh masuk saja. Karena memang konsep dari toko kami untuk main-main keluarga,” ungkap Nico Christy Susanto, saat ditemui Jagadtani.Id belum lama ini.

Baca juga: Ini Tips Mudah Merawat Aquascape

Selain itu, tim Java Aquatic juga melayani pembuatan aquarium air laut untuk kebutuhan dekorasi rumah, kantor, restoran, atau area publik lainnya.

Kini, bisnis aquascape yang berlangsung di Java Aquatic berkembang semakin pesat. Ratusan seller akuarium dari penjuru tanah air bahkan mendapatkan stok barang dari toko tersebut.

“Untuk perairan kita sudah terbesar se-Indonesia. Toko-toko aquarium lainnya itu banyak yang mengambil barang disini dan permintaan sudah dari seluruh Indonesia,” kata Aji, salah satu pengelola Java Aquatic.

Toko dengan dua lantai itu tidak hanya menyediakan hewan-hewan biota laut dan ikan hias. Di lantai satu, Sahabat Tani akan menemukan puluhan jenis burung cantik. Kemudian, di lantai dua ada beragam jenis reptil tersedia disana seperti gecko, ular, kura-kura, iguana, tegu dan masih banyak jenis reptil lainnya.

"Kami memang passionnya di binatang. Memang targetnya ada reptile juga. Di lantai 2 ada reptile kemudian di lantai satunya ada burung juga. Memang kedepannya kita sudah akan merambah ke mamalia seperti anjing, kucing, kelinci dan arahnya ke pet shop,” tutup Niko.

Baca juga: Aquascape, Hiburan Saat Isoman

Related News