• 27 April 2024

Skincare Porang Laris di Jepang

uploads/news/2021/09/skincare-porang-laris-di-404160a516436f9.jpg

“Kenapa saat ini skincare dengan bahan porang sangat laris di Jepang, karena memang porang itu bagus sekali untuk anti inflamasi dan untuk mengatasi jerawat. Porang mengandung antioksidan yang sangat tinggi”

JAKARTA – Penggunaan kosmetik menjadi hal yang penting untuk kulit, terutama bagi kaum wanita. Tidak hanya mempercantik kulit, kosmetik juga memelihara kulit agar tetap sehat dan mencegah penuaan dini. Kosmetik banyak digunakan untuk menghilangkan beberapa permasalahan kulit, seperti jerawat, flek hitam, komedo dan permasalahan kulit lainnya.

Nah, sebelum memilih kosmetik, ada baiknya sahabat tani mengetahui kandungan-kandungan yang ada didalamnya nih. Salah satu kandungan yang aman banget untuk kesehatan kulit berasal dari ekstrak tanaman.

Ada banyak sekali tanaman yang bisa di ekstrak untuk diambil kandungannya sebagai bahan dasar kosmetik. Apalagi, Indonesia memiliki ribuan jenis tanaman yang memiliki keunggulan masing-masing khususnya sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik, termasuk salah satunya adalah tanaman porang.

Porang yang sempat heboh di mancanegara, membuat minatnya terus meningkat dari hari ke hari. Permintaan ekspor porang terus meningkat khususnya di tahun ini. Hal ini ditandai dengan ungkapan presiden Jokowi yang memprediksi porang sebagai komoditas andalan Indonesia di masa depan.

“Porang itu kan salah satu tanaman yang paling booming untuk skincare, dan di Jepang ini sedang heboh-hebohnya dengan tanaman porang, seperti penemuan baru disana. Padahal kalau di negara Indonesia porang itu melimpah,” ujar Ruri, pendiri dari Nectars Skincare Organic, saat di wawancarai oleh reporter Jagadtani.Id melalui sambungan telepon.

Baca juga : Skincare Organik dari Petani Lokal

Kandungan porang sendiri dinilai sangat bagus untuk bahan dasar pembuatan kosmetik. Kandungan didalam porang dapat dijadikan bahan kosmetik sebagai masker wajah.

“Kenapa saat ini skincare dengan bahan porang sangat laris di Jepang, karena memang porang itu bagus sekali untuk anti inflamasi dan untuk mengatasi jerawat. Porang mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Kalau kita punya flek hitam di wajah dan ingin mengatasinya menggunakan bahan alami atau organik, nah jenis iles-iles ini sangat bagus sekali,” ungkap Ruri.

Alumni Institut Pertanian Bogor ini juga menjelaskan, tanaman porang yang termasuk dalam kategori iles-iles ini, memiliki manfaat yang setara dengan tanaman moringga, kelor dan pegagan (centela asiatica).

“Kandungan didalam porang juga bagus sekali sebagai anti aging, kemudian bisa untuk menghindrasi kulit dan mencerahkan kulit wajah. Tinggal ditambah dengan bahan aktifnya misalnya niacinamide atau hyaluronic acid,” kata wanita asal Bogor itu.

Baca juga : Porang Ubah Nasib Para Pengangguran

Kata Ruri, efek yang ditampilkan kulit dengan menggunakan kosmetik bahan organik memang tidak se-instant kosmetik berbahan kimia. Prosesnya cukup lambat dan akan memakan waktu yang cukup panjang. Namun, penggunaan bahan organik mampu meminimalisir resiko iritasi kulit.

“Yang penting itu bagaimana kita bisa mengeksplor tanaman lokal untuk bisa dijadikan manfaat dan penunjang kehidupan kita, dan salah satunya porang untuk bahan kosmetik ini sehingga kulit kita bebas dari terkena kanker kulit dan penyakit berbahaya lainnya,” tutupnya.

Related News