• 30 Maret 2020

Kala Bunga Naga Bermekaran

SHARE SOSMED

Bunga yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini hanya mekar pada malam hari sekitar pukul 20.00.

JAKARTA SELATAN - Buah naga bukan hanya terkenal dengan buahnya, namun juga bunganya yang memiliki ukuran besar dan warna yang cerah dengan perpaduan dari berbagai warna kuning, putih, dan hijau. Selain itu, bunga naga naga juga memiliki keunikan lainnya. Bunga yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini hanya mekar pada malam hari sekitar pukul 20.00. Mekarnya juga tak berlangsung lama, mulai dari pukul 20.00  hingga pukul 08.00.

 “Biasanya dia (tanaman) itu dalam satu sulur (batang) bisa tumbuh banyak bibit bunga, bisa tiga sampai lima bibit, atau bahkan lebih. Tapi enggak semua bisa jadi bunga, biasanya hanya satu yang berhasil atau bahkan dua,” kata Manin, pemilik tanaman buah naga di rumahnya di Jalan Karang Tengah Raya, Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Merawat Si Naga Organik

Saat bunga buah naga mekar, lanjutnya, akan menebarkan aroma yang harum. Nah, aroma yang dikeluarkan oleh bunga buah naga ini bertujuan untuk memikat kelelawar agar menyerbuki bunganya.

“Nah, dalam satu sulur biasanya setiap bibit bunga nya bermekaran secara bersamaan. Kalau berdasarkan pengalaman saya sih kurang lebih butuh waktu satu sampai dua minggu untuk bibit bunga ini mekar, biasanya mekar pada malam hari,” jelas pria berusia 53 Tahun ini.

Sekadar info, bunga dari buah naga merupakan bunga hermafrodit, yaitu pada satu bunga terdapat bunga betina dan bunga jantan. Biasanya, pada jenis buah naga merah, bunga betina-nya berukuran lebih panjang dari bunga jantan. Namun, karena ukuran dari bunga buah naga yang tidak sama, penyerbukan bunga buah naga jarang terjadi.

Hanya sedikit dari bunga buah naga yang dapat berkembang menjadi buah. Karena itu, penyerbukannya memerlukan bantuan manusia. Apabila penyerbukannya berhasil, maka akan berkembang menjadi buah naga kecil yang terus membesar hingga buah naga dapat dipanen. 

 “Kalau saya memang hobinya berkebun, tanam apa saja yang bisa dikonsumsi sendiri di rumah, buah maupun sayur. Kalau sudah jadi bunga begini, biasanya sekitar satu bulan baru berbuah,” tutupnya.

 

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App