• 28 March 2024

Rahasia Telur Yang Jarang Terungkap

uploads/news/2021/08/rahasia-telur-yang-jarang-19104f06cd3e05b.JPG

“Beberapa orang berpendapat bahwa tampilan fisik telur tidak berpengaruh, padahal tampilan fisik telur itu juga mempengaruhi kualitas telurnya”

JAKARTA – Telur dikenal sebagai salah satu sumber makanan yang kaya akan protein serta sangat mudah dijangkau oleh masyarakat. Telur seringkali diolah menjadi beragam hidangan gurih yang menggugah selera. Misalnya seperti telur rebus, omelete, hingga telur rica-rica. Tak hanya makanan gurih saja, produk hewani ini juga seringkali digunakan sebagai bahan campuran kue dan minuman manis yang memanjakan lidah.

Sayangnya, tak sedikit masyarakat yang beranggapan bahwa telur dapat memicu meningkatnya kolesterol jenuh pada tubuh (Low Desity Lipoprotein), sehingga banyak yang menghindari telur untuk sering dikonsumsi. Selain fakta tersebut, ternyata telur menyimpan beberapa rahasia dan fakta lainnya yang jarang terungkap.

Baca juga : Fakta Penting Ayam Petelur

Rizal Anshori, salah satu peternak ayam layer asal Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, menjelaskan beberapa fakta tersebut.

“Beberapa orang berpendapat bahwa tampilan fisik telur tidak berpengaruh, padahal tampilan fisik telur itu juga mempengaruhi kualitas telurnya. Misalnya, kalau telur ayam yang bagus, warna kulit telurnya berwarna coklat gelap. Kalau yang pucat, itu biasanya kurang kualitasnya,” ungkap Rizal, saat diwawancarai oleh reporter Jagadtani.id.

Lebih lanjut, rizal menambahkan, “Kemudian, untuk yang kurang bagus bisa di cek dari cangkangnya. Ketika telur diketuk, apakah menimbulkan suara atau tidak. Karena kalau bersuara, artinya kualitas telurnya kurang bagus,” tambahnya.

Pria dengan empat anak ini mengatakan, telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan sangat baik untuk kebugaran tubuh. Setelah berolahraga, tubuh akan banyak membutuhkan protein untuk membantu membangun dan memperbaiki jaringan otot. Dan, telur bisa menjadi pilihan tepat untuk mengisi asupan protein yang dibutuhkan.

Baca jugaAlasan Mahalnya Telur Ayam KUB

“Untuk membangun tulang dan gigi yang kuat, tubuh membutuhan asupan vitamin D yang cukup. Vitamin D ini dapat memaksimalkan penyerapan kalsium dalam dan lambung. Telur memiliki tekstur yang lembut dan tinggi akan vitamin D. Fakta ini jarang terungkap oleh banyak orang. Orang-orang justru beranggapan, takut memakan banyak telur karena akan bisulan. Padahal zat telur cukup bagus untuk tubuh,” jelas Rizal.

Rizal mengatakan, rahasia telur lainnya bisa dilihat dari kekentalan cairan putih telur dan warna pada kuning telur.

“Kemudian isi telurnya juga bisa dilihat, kalau cair berarti kualitasnya juga kurang bagus untuk dikonsumsi. Lalu, isi telur yang bagus terlihat dari warna kuning telur yang terlihat berwarna pekat dan bentuk kuning telur berbentuk bulat utuh serta tidak mudah hancur,” tutupnya.

Baca juga : Benarkah Makan Telur Menyebabkan Bisul

Related News