• 29 March 2024

Petani Lahan Pantai Panen Cabai

uploads/news/2019/11/petani-lahan-pantai-panen-516942771442a1f.jpg

“Produksi panen untuk musim tanam kedua ini sangat bagus. Buah cabai juga besar-besar, sehingga meningkatkan nilai jual.”

KULON PROGO - Para petani lahan pantai di Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai memanen cabai seluas 10 hektare pada awal November 2019. Widodo, petani di Kulon Progo, mengatakan jika lahan miliknya seluas 1.500 meter persegi mampu menghasilkan tiga kuintal cabai sekali petik.

“Kami petik cabai setiap empat hari sekali. Satu kali petik saat puncak panen bisa mencapai tiga kuintal,” ujar Widodo, seperti melansir ANTARA, Selasa (19/11) kemarin.

Baca juga: Sukses Tanam Cabai ala Bateng

Widodo mengatakan jika hasil panen tahun ini memang cukup bagus. Hal tersebut dikarenakan cuaca cukup bagus untuk pertumbuhan bunga, sehingga hasil produksi bisa maksimal.

“Produksi panen untuk musim tanam kedua ini sangat bagus. Buah cabai juga besar-besar, sehingga meningkatkan nilai jual,” katanya.

Widodo menyebut, harga cabai di tingkat pasar lelang mencapai Rp16.500 per kilogram atau naik Rp1.500 dari sebelumnya Rp15.000 per kilogram. Ini karena harga cabai selalu berubah setiap hari, sesuai dengan hasil lelang. Biasanya, cabai hasil produksi lahan pantai yang masuk pasar lelang, dijual ke Jakarta dan Sumatera. Sedangkan pasar lokal hanya bisa menampung kurang dari 25% dari hasil panen lahan pantai.

“Harga cabai di pasar lelang memang cukup bagus. Tapi, kami juga berharap harga cabai terus meningkat,” harapnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Aris Nugraha mengatakan, Pemkab Kulon Progo sudah membangun 27 pasar lelang untuk memfasilitasi petani cabai di sepanjang pesisir. Tujuannya, harga cabai di tingkat petani tidak dipermainkan oleh tengkulak. Aris menyebut, sepanjang tahun, produksi cabai di Kulon Progo rata-rata mencapai 3.500 ton, dengan 80% disumbang dari produksi lahan pantai.

“Kami mendorong petani terus memproduksi, sehingga produksi cabai dari Kulon Progo menguasai pasar di tingkat nasional,” tutupnya.

Related News