• 20 April 2024

Tips Agar Bunga Tetap Segar

uploads/news/2021/08/tips-agar-bunga-tetap-11587cae6a6bd79.jpg

JAKARTA – Menghias ruangan rumah dengan bunga-bunga yang segar pasti sangat menyenangkan, apalagi jika bunganya berasal dari orang tersayang. Tentu tidak ingin bunga-bunga tersebut menjadi cepat layu dan mati. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa sahabat tani lakukan untuk merawat dan mencegah agar bunga-bunga tersebut tidak layu terlalu cepat. Mempertahankan kesegaran bunga potong agar mekar dengan cantik dalam waktu lama ternyata bisa dilakukan dengan cara dan bahan-bahan yang terbilang mudah di siapkan.

Akmal Fathan, pendiri dari rumah Beri Benih, menjelaskan tentang tips merawat bunga potong agar lebih tahan lama nih. Pertama, Akmal mengatakan, perlu menyiapkan sebuah wadah. Siapkan wadah atau vas bunga yang memiliki ukuran besar agar bagian batang tidak terlalu erat. Pastikan bahwa wadah tersebut dari kotoran sehingga tidak menimbulkan mikroorganisme yang menimbulkan pembusukan bunga lebih cepat.

Baca jugaMengembalikan Kejayaan Durian Rancamaya

Kemudian, setelah wadah telah siap, cara merawat bunga potong yang pertama adalah dengan memotong batangnya. Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan banyak orang setelah menerima bunga potong segar adalah lupa memotong batangnya.

“Potong tangkai bagian paling bawah. Potong agar tidak busuk dan menimbulkan bakteri, karena bakteri menyebabkan bunga menjadi cepat layu. Jangan lupa potong tangkai atau batang secara miring, karena memotong batang secara miring memungkinkan asupan air yang lebih baik karena tidak diletakkan mendatar di dasar wadah yang nantinya akan digunakan,” jelas Akmal, saat di wawancarai oleh Reporter Jagadtani melalui sambungan telepon.

Sahabat tani bisa menggunakan gunting kebun untuk memotong bagian batang. Potong batang satu hingga dua inci batang agar bunga tetap segar. Lakukan pemotongan batang setiap satu hari sekali.

Lebih lanjut Akmal menjelaskan, langkah berikutnya yang harus sahabat tani lakukan adalah dengan memangkas daunnya.

“Potong daunnya agar tidak banyak penguapan, sehingga tidak membuat bunga menjadi semakin cepat layu,” kata pria berusia 23 tahun itu.

Baca jugaBunga Buah Naga Sedap Dipadang

Beberapa bunga, seperti mawar, memiliki kelopak pelindung yang merupakan dua atau tiga kelopak bunga terluar. Memangkas kelopak tersebuit akan membuat bunga mekar sepenuhnya serta untuk menghindari pembusukan bakteri. Kemudian, Akmal menyarakan untuk memberi air dengan secukupnya. Menjaga agar bunga potong tetap terhidrasi dengan baik adalah hal yang penting, tetapi memberinya air yang berlebihan juga bukanlah hal yang baik.

“Rendaman air bisa pakai air netral, namun ada beberapa sumber lain yang menyebutkan, bisa ampuh menggunakan air hangat. Kalau menurut pengalaman saya pribadi, pakai air netral juga sudah cukup membuat bunga tahan cukup lama. Bunga bisa tetap segar selama satu minggu,” tutupnya.

Related News