• 19 April 2024

Mengembalikan Kejayaan Durian Rancamaya

uploads/news/2021/08/mengembalikan-kejayaan-durian-rancamaya-64217aaa573d201.jpg

"Keberadaan pohon durian sudah menjadi pemandangan jamak di setiap pekarangan rumah warga. Bahkan durian asal Rancamaya sangat dikenal di sejumlah wilayah di luar Kota Bogor"

BOGOR - Durian (Durio zibethinus L.), pastinya sudah tidak asing untuk buah yang satu ini. Rasa daging buahnya yang manis dan memiliki aroma khas banyak disukai oleh penggemar durian.

Dipelosok bagian selatan Kota Bogor terdapat daerah penghasil durian atau tepatnya di Kelurahan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Keberadaan pohon durian sudah menjadi pemandangan jamak di setiap pekarangan rumah warga. Bahkan durian asal Rancamaya sangat dikenal di sejumlah wilayah di luar Kota Bogor.

Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor dalam rangka menggerakan pemulihan ekonomi daerah melalui Kampung Tematik Pertanian pada tahun ini mengembangkan Kampung Tematik Durian Rancamaya.

"Kampung Tematik Pertanian ini diinisiasi Wali Kota Bogor Bima Arya, di tahun 2020 yaitu Tematik Agroewisata Organik Ciharashas Mulyaharja, dan di tahun 2021 mengarahkan untuk mengembangkan Kampung Tematik Durian Rancamaya," kata Kepala Bidang Tamanan Pangan, Holtikultura dan Penyuluhan Pertanian pada DKPP Kota Bogor, Dian Herdiawan kepada Jagadtani.id.

Baca juga: Jaga Imun Dengan Mandi Empon-Empon

Untuk mewujudkan Kampung Tematik Durian, kata Dian, pihak DKPP melalui jejaring Pethahelix akan melaksanakan penanaman 2.500 pohon durian. Ada tiga varietas durian yang ditanam, yakni duri hitam, musangking dan matahari.

Pohon-pohon durian itu, 2.000 pohon diantaranya bantuan dari KTNA Kota Bogor. Sementara 500 pohon dari Kebun Percobaan Cipaku. Selain pohon durian, ada bantuan lain seperti 2.500 paket pupuk, nematisida ramah lingkungan, NPK Serbuk dan nutrisi mikroba tanah 2.500 paket serta kapur pertanian.

Dijelaskan, penanaman pohon durian akan dilakukan secara bertahap selama tiga bulan dari Juli sampai Oktober dan tersebar di sejumlah pekarangan rumah warga. Perdana, 200 pohon durian musangking telah ditaman pada akhir Juli ini. "Untuk masa tanam maksimal tiga bulan, makin cepat makin baik dan mudah-mudahan bisa dalam waktu dua bulan," ujarnya.

Dian mengatakan, pengembangan Kampung Tematik Durian dengan penanaman 2.500 pohon durian ini juga sebagai upaya mengembalikan keberadaan pohon durian seperti dulu yang banyak tumbuh di daerah Rancamaya.

"Istilahnya "Emas Coklat Rancamaya" atau durian dari Rancamaya untuk Nusantara, dimana Kampung Tematik Durian Rancamaya untuk mengembalikan kejayaan atau icon durian Rancamaya," pungkasnya.

Baca juga: Cegah Anemia Dengan Makanan Sehat

Related News