• 29 March 2024

Cegah Anemia Dengan Makanan Sehat

uploads/news/2021/08/cegah-anemia-dengan-makanan-5952635a76c37f2.jpg

"Penyebab anemia biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi. Zat besi ini berfungsi sebagai hemoglobin untuk membuat sel darah merah"

JAKARTA – Anemia merupakan salah satu penyakit gangguan darah yang ditandai oleh kurangnya jumlah sel darah merah dalam tubh manusia. Penyakit anemia ini sering juga disebut sebagai penyakit kurang darah. Anemia tidak hanya terjadi pada orang dewasa namun pada remaja bahkan anak-anak bisa terserang anemia, namun lebih sering diderita oleh perempuan dan ibu hamil.

Anemia biasanya dicirikan dengan tubuh yang lebih cepat lelah, lesu, dan mudah sakit. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 42 persen anak di bawah usia 5 tahun, dan 40 persen wanita hamil di seluruh dunia mengidap anemia.

Mengapa bisa seperti itu? Masih banyak masyarakat yang menyepelekan penyakit anemia. Padahal apabila anemia ini tidak ditangani segera dan dicegah sejak dini penyakit ini bisa menurunkan daya tahan tubuh sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Jaga Imun Dengan Mandi Empon-Empon

Penyebab anemia biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi. Zat besi ini berfungsi sebagai hemoglobin untuk membuat sel darah merah. Serta selain zat besi, tubuh kita juga memerlukan mineral folat dan vitamin B12 untuk mendapatkan sel darah merah yang sehat.

Agar penyerapan zat besi optimal, tubuh memerlukan juga tambahan vitamin B dan Vitamin C. Masyarakat harus bisa mencegah penyakit anemia sejak dini, yaitu dengan memakan makanan yang mengandung zat besi tinggi. Berikut beberapa makanan dngan kandungan zat besi tinggi yang harus dikonsumsi setiap hari, agar terhindar dari penyakit anemia. Makanan tersebut diantaranya.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang mengandung banyak zat besi seperti brokoli dan bayam. Maka dari itu kamu harus mengkonsumsinya setiap hari.

Kacang Merah

Porsi untuk mengkonsumsi kacang merah sahabat tani bisa menggunakan dua setengah porsi kacang merah untuk meningkatkan zat besi dalam tubuh.

Daging Merah 

Kandungan daging tidak hanya memiliki zat besi, namun daging ini juga memiliki nutrisi penting lannya, seperti asam amino, vitamin B12, dan seng.

Seafood 

Makanan laut seperti kepiting, udang, ikan, gurita, dan lainnya memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalamnya.

Baca juga: Asupan yang Berperan Sebagai Imunostimulan

Related News