• 29 March 2024

Khasiat Luar Biasa Jus Wortel

uploads/news/2021/08/khasiat-luar-biasa-jus-496002ccf4d44c6.jpg

"Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, wortel adalah sayuran rendah kalori sehingga cocok dikonsumsi oleh sahabat tani yang sedang diet"

JAKARTA - Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi jus wortel secara rutin. Bukan tanpa alasan, sahabat tani bisa mendapat banyak manfaat jus wortel karena jenis sayur itu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Wortel mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Tododisca (tododisca.com) mengatakan bahwa tubuh yang kekurangan vitamin A rentan mengalami penurunan kemampuan penglihatan. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya bagi sahabat tani untuk mengonsumsi jus wortel secara rutin. Melansir dari Kementan, Berikut beberapa manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jus wortel juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di tengah cuaca yang tidak bisa diprediksi seperti sekarang ini, mengonsumsi jus wortel adalah cara terbaik agar terhindar dari berbagai penyakit. Buat sahabat tani yang sedang flu, perbanyak konsumsi jus wortel supaya cepat pulih dan bisa kembali menjalankan aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Menyelamatkan Monyet Jalanan yang Terlantar

Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu manfaat jus wortel yang paling terkenal adalah menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang sangat tinggi pada wortel mampu melindungi permukaan mata dan berkontribusi untuk penglihatan yang kuat. Minum jus wortel setiap hari juga dapat menangkal berbagai gangguan mata, seperti degenerasi makula, katarak, dan kebutaan. Selain itu, wortel juga mengandung lutein, sejenis antioksidan yang melindungi mata dari kerusakan cahaya.

Menjaga Kesehatan Kulit

Dalam 100 gram wortel, terdapat setidaknya 6 mg vitamin C. Vitamin C sendiri berperan penting dalam masalah perbaikan kulit, seperti melembutkan dan mencerahkan. Meneguk jus wortel setiap hari akan membuat kulit tampak lebih bersih sehingga wajah pun akan terlihat lebih awet muda. Masalah kulit lainnya seperti ruam atau psoriasis juga dapat diatasi dengan jus wortel, loh. Kandungan beta karoten dalam jus wortel mampu mengurangi peradangan kulit. 

Baca juga: Tips Sukses Pelaksaan Teknik Grafting

Membantu Mejaga Berat Badan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, wortel adalah sayuran rendah kalori sehingga cocok dikonsumsi oleh sahabat tani yang sedang diet. Kandungan serat yang cukup tinggi dalam wortel juga akan membuat sahabat tani merasa kenyang lebih lama. Jadi, untuk sahabat tani yang ingin menurunkan berat badan, cobalah konsumsi jus wortel secara rutin. Meski rendah kalori, manfaat jus wortel untuk kesehatan luar biasa banyak.

Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat jus wortel berikutnya adalah mencegah penyakit kanker. Antioksidan di dalam jus wortel dapat membantu menghentikan kerusakan sel, serta memberi perlindungan terhadap berbagai jenis kanker seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Related News