• 26 April 2024

Tips Sukses Pelaksanaan Teknik Grafting

uploads/news/2021/08/tips-sukses-pelaksanaan-teknik-7868399bae2cfae.jpeg

"Keuntungan teknik grafting bagi para pembudidaya adalah tanaman dapat berproduksi lebih cepat. Kemudian, hasil produksi dapat sesuai dengan keinginan"

JAKARTA – Sahabat tani bisa mencoba menggunakan metode grafting untuk memperbanyak tanaman. Grafting sendiri merupakan metode perbanyakan vegetatif buatan dengan menggabungkan dua bagian tanaman (organ dan jaringannya) yang masih hidup sedemikian rupa. Sehingga, keduanya dapat bergabung menjadi satu tanaman yang utuh, yang memiliki sifat kombinasi antara dua organ atau jaringan yang digabungkan.

Cara yang biasa dilakukan pada metode grafting, yaitu dengan sistem sambung V dan sistem sambung datar. Asep, salah satu pembudidaya bunga adenium, memberikan beberapa tips yang harus dihindari oleh sahabat tani pada pelaksanaan metode grafting.

“Kalau menggunakan teknik grafting ini, keuntungannya bagi para pembudidaya adalah tanaman dapat berproduksi lebih cepat. Kemudian, hasil produksi dapat sesuai dengan keinginan, dan tergantung batang grafting yang digunakan oleh pembudidaya,” kata Asep saat ditemui di sekitar Jalan Kavling Raya, Kelurahan Kedaung, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Baca jugaCara Grafting Si Cantik Adenium

Lebih lanjut Asep menjelaskan, untuk pelaksanaan teknik grafting, sahabat tani memerlukan hal-hal yang khusus sebelum memulai proses grafting.

“Hindari beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para pembudidaya yang menggunakan teknik ini. Salah satu hal sederhana misalnya, sebelum melakukan penyambungan, pembudidaya harus memilih dan menentukan jenis tanaman yang akan di sambung,” jelas Asep.

Kata Asep, adapun jenis tanaman yang dipilih haruslah memenuhi beberapa kriteria. Diantaranya adalah tanaman harus satu famili, tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, tanaman yang akan di grafting dipastikan segar dan sehat, dan perlu ketelitian pada proses pemotongan batang.

“Kesalahan umum lainnya, usahakan potongannya cukup sekali potong saja ya, agar tidak terjadi goresan pada potongan tersebut. Tanaman bagian atas juga di potong tetapi bentuknya lancip. Lalu, potongan usahakan bisa masuk pas dengan potongan bagian bawah. Sehingga keduanya nanti bisa digabungkan dengan pas,” tambahnya.

Baca jugaGrafting Bunga Cantik Wijaya Kusuma

Sahabat tani perlu memastikan bahwa alat potong atau pisau yang digunakan tajam dan bersih. Pada pelaksanaan teknik grafting, pisau yang bersih juga menentukan keberhasilan proses grafting.

“Kesalahan umum lainnya yang harus dihindari adalah, jangan sampai batang yang telah dipotong tercampur dengan getah. Setelah mencari bakal tunasnya dan dipotong, pastikan batang tidak tercampur dengan getah. Karena, kebanyakan getah bisa menghambat pertumbuhan batang,” tutup Asep.

Related News