• 19 April 2024

Sawah-Sawah Paling Hits di Indonesia

uploads/news/2021/08/sawah-sawah-paling-hits-di-415895f703a663b.jpg

"Tidak hanya bentuknya yang sangat cantik, sawah ini juga menghasilkan padi berkualitas nomor satu"

JAKARTA - Indonesia memang dikenal sebagai negara agraris, dan sawah bukanlah hal yang sulit ditemukan di Indonesia. Karena alasan inilah ada banyak sawah-sawah yang terhampar di berbagai daerah. Nah, di antara sawah-sawah itu, ada loh yang menampilkan pemandangan alam yang luar biasa. Dan sawah-sawah ini dikenal sebagai beberapa sawah yang paling hits di Indonesia. Pemandangannya akan membuat sahabat tani terpana loh. Berikut beberapa sawah paling cantik dan hits di Indonesia.

Sawah Tegalalang, Bali

Tegalalang adalah salah satu sawah yang paling terkenal di seluruh dunia. Tidak hanya bentuknya yang sangat cantik, sawah ini juga menghasilkan padi berkualitas nomor satu. Sawah yang ada di Kabupaten Gianyar, Bali ini dikenal karena memiliki sistem pengairan yang sangat rapi. Ditambah dengan tanahnya yang berundak dan petak yang bertingkat sistematis, kualitas padi yang dihasilkan sawah ini pun sangat baik. Sawah Tegalalang juga di nobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya di dunia.

Sawah Lingko, NTT

Sawah yang terletak di Manggarai, NTT ini memiliki pola melingkar yang unik. Mirip seperti jaring laba-laba. Ternyata ada loh, sahabat tani, alasan unik mengapa pola sawahnya dibentuk seperti jaring laba-laba.

Baca juga Terasering Paling Indah di Dunia

Pada zaman dulu, sistem pembagian lahan sudah dilakukan secara berpusat, di mana titik nolnya berada di tengah-tengah lahan, kemudian dibagi ke warga atau pewaris. Hebatnya, pola seperti ini hanya ada satu-satunya di dunia. Pantas saja banyak ilmuan asing datang ke sini untuk mempelajari kearifan lokal ini. Polanya yang unik juga membuat banyak wisatawan datang untuk berburu foto terbaik.

Sawah Sukorame, Bantul

Sukorame pun juga punya sawah yang tak kalah cantik. Terletak di kecamatan Dlingo, Bantul, sawah Sukorame ini menjadi daya tarik utama wisatawan karena pemandangannya yang indah dan hijau. Tak hanya hamparan sawah hijau saja, di tengah-tengah sawah juga dibangun jembatan panjang untuk menambah pesona sawah ini.

Sawah Desa Pariangan

Sumatera ternyata juga punya sawah yang cantik nih, sahabat tani. Letaknya di desa adat Pariangan, Sumatera Barat. Tidak hanya terkenal karena Rumah Gadangnya yang khas atau peninggalan megalitikumnya yang ikonik, desa ini juga terkenal karena sawahnya yang tertata cantik dan rapi.

Sawah di Desa Kemetul, Semarang

Sawah terindah di Indonesia yang pertama adalah sawah di Desa Kemetul, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang. Meskipun beberapa fasilitas di dekat sawah ini baru dibangun, desa ini sudah menarik banyak wisatawan karena pemandangan sawahnya yang cantik dan indah.

Baca jugaCanggih, Aplikasi Plantix Pendeteksi Opt

Related News