• 19 September 2021

Uniknya Melihat Buah Pir Buddha

uploads/news/2021/07/uniknya-melihat-buah-pir-25159d52340cba5.jpg
SHARE SOSMED

"Selain cantik, buah pir Buddha ini dianggap memiliki berkah. Sehingga banyak sekali masyarakat yang memburu buah pir ini meskipun dijual dengan harga yang sangat mahal"

JAKARTA – Hampir sebagian besar orang menyukai buah. Buah yang kita makan tidak hanya satu jenis, melainkan ada banyak sekali jenis buah-buahan yang dikonsumsi. Namun sebenarnya, ada banyak sekali jenis buah-buahan di dunia yang bahkan dikategorikan sebagai buah yang unik dan langka.

Dalam dunia flora, ada banyak sekali tanaman yang memiliki buah-buah yang unik dan langka. Sahabat tani mungkin jarang mendengar namanya, bahkan namanya tidak pernah terdengar sama sekali. Selain unik, beberapa buah ini juga termasuk langka karena hanya tumbuh dan berbuah di daerah-daerah tertentu saja dan tidak semua orang dapat menikmati rasa unik dari buah-buah langka tersebut. Salah satunya adalah jenis buah pir Buddha. Sekilas, memang terlihat seperti buah pir pada umumnya. Namun, bila diperhatikan lebih mendalam, buah ini memiliki tampilan yang menyerupai Buddha kecil.

Baca jugaPerhatikan Gizi Anak Saat Pandemi

Buah pir ini diciptakan oleh seorang petani Tiongkok pada tahun 2009. Namanya Gao Xianzhang. Petani dari sebuah dusun kecil di China ini memang nyentrik. Tanaman buah yang ada di pekarangannya dibuat eksperimen. Untuk menghasilkan buah pir berbentuk imut ini, Xiangzhang membungkus buah pir muda dalam cetakan berbentuk Buddha Kecil. Jadi buah pir itu tumbuh dalam cetakan. Ia sangat bangga dengan hasil karyanya. Apalagi ia mengaku banyak sekali orang yang menyukai buah berbentuk unik yang diproduksinya.

Kelihatannya mudah ya sahabat tani, untuk membuat patung buah pir berbentuk Buddha Kecil. Padahal Petani Xiangzhang ini memerlukan waktu sekitar enam tahun untuk melakukan uji coba, sampai bisa menghasilkan buah pir berbentuk Buddha Kecil yang sempurna.

Selain cantik, buah pir Buddha ini dianggap memiliki berkah. Sehingga banyak sekali masyarakat yang memburu buah pir ini meskipun dijual dengan harga yang sangat mahal. Satu butir buah pir ini harganya 8 dolar Amerika. Atau sekitar 115 ribu rupiah. Padahal harga pir biasa per buahnya hanya sekitar 5 ribu sampai 10 ribu rupiah.

Baca jugaBunga Paling Menyeramkan di Dunia

Untungnya buah ini bisa tahan antara 2 sampai 3 bulan, sehingga pembeli punya waktu lama untuk menikmati keindahannya. Menjelang hari raya agama Buddha, buah pir ini semakin laris. Biasanya digunakan untuk hiasan atau untuk hadiah. Buah ini sekarang sudah bisa dibeli di negara-negara Indocina, seperti Vietnam, Thailand, Mianmar, dan Kamboja.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App