• 17 September 2021

Darurat Oksigen, Petani Ikan Mengalah

uploads/news/2021/07/darurat-oksigen-petani-ikan-81864210a4ea773.jpg
SHARE SOSMED

"Tukang ikan disini pada ngalah, pakai oksigen seperlunya dan tabungnya banyak dipinjemin buat orang sakit"

JAKARTA -  Pandemi Covid-19 yang tak henti-henti membuat penderitanya terus bertambah setiap hari. Makin banyak orang yang membutuhkan oksigen untuk kebutuhan pasien Covid-19. 

Kelangkaan oksigen ini membuat sejumlah pedagang ikan hias yang biasa mengirim paketan ikan hias ke berbagai daerah di Indonesia mulai mengeluhkan dampak oksigen yang saat ini terkonsentrasi untuk kebutuhan medis.

Fadli Rizal salah satunya, Petani ikan hias asal Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat ini mengatakan ia kewalahan karena kehabisan oksigen untuk ikan-ikannya. 

Baca juga: Rekomendasi Ikan Hias Murah Berkualitas

Saat ini, Fadli harus mengurangi pengiriman ikan ke sejumlah wilayah seiring menipisnya pasokan oksigen dari agen dan distributor yang lebih diprioritaskan untuk pelayanan medis di tempat isolasi Covid-19.

"Iya jadi langka, pemasok oksigennya kan sama saja. Tukang ikan disini pada ngalah, pakai oksigen seperlunya dan tabungnya banyak dipinjemin buat orang sakit," pungkasnya saat dihubungi Jagadtani.id melalui pesan singkat.

Ia tidak memungkiri jika dirinya juga membutuhkan tabung oksigen untuk berjualan ikan. Apalagi, kelangkaan stok tabung oksigen di pasaran juga dirasakan olehnya. Namun demi kemanusiaan, Warga di desanya siap mendahulukan kebutuhan tabung oksigen untuk pasien.

Baca juga: Cara Sukses Merawat Manfish

"Ya sebenarnya ya ngga apa-apa sih saya dan petani ikan disini juga ngga keberatan, karena kan namanya juga lagi darurat jadi saling bantu. walaupun sama-sama penting tetapi ini karena hubungannya dengan manusia jadi nggak masalah. tabung oksigen saya saja ada tiga yang dipake orang sakit Covid-19" ujar pria tiga anak itu.

Fadli berharap seiring tingginya pemakaian oksigen untuk pasien Covid-19, produksi di tingkat agen dan distributor ditingkatkan, sehingga kebutuhan oksigen untuk pembudidaya dapat terpenuhi.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App