• 28 September 2021

Cara Menyimpan Buah Tetap Awet

uploads/news/2021/07/cara-menyimpan-buah-tetap-16317c27c9ead5a.jpg
SHARE SOSMED

"jangan membeli buah yang sebelumnya pernah dimasukkan ke pendingin atau kulkas. Apabila buah telah didinginkan sebelumnya, maka buah jadi lebih cepat busuk"

JAKARTA - Buah merupakan sumber makanan penting yang kaya akan serat dan vitamin. Sebagai asupan harian, menjaga buah tetap segar dan layak dikonsumsi menjadi sangat penting. Selama ini kita kerap menyimpan buah di kulkas atau pendingin agar lebih awet dan tahan lama. Namun, apa yang terjadi jika tidak ada lemari pendingin? Berikut adalah cara menyimpan buah segar agar awet tanpa kulkas.

Beli secukupnya

Kunci dasar agar buah tidak busuk dan terbuang adalah dengan membeli secukupnya. Jangan membeli buah berlebihan. Selain membutuhkan ruang ekstra untuk menyimpannya, buah yang menumpuk terlalu banyak akan mudah memar dan menjadi busuk.

Baca juga: Buah-Buahan Ini Bantu Turunkan Kolesterol

Beli buah segar

Melansir Newsnationtv.com, kunci lain agar buah awet tanpa disimpan di kulkas adalah dengan membeli buah segar. Maksudnya, jangan membeli buah yang sebelumnya pernah dimasukkan ke pendingin atau kulkas. Apabila buah telah didinginkan sebelumnya, maka buah jadi lebih cepat busuk.

Hindari memar

Saat memilih buah, pastikan buah tidak memiliki memar yang bisa membuatnya mudah busuk. Kemudian, sebelum menyimpannya, pastikan membawa buah dengan lapisan yang berfungsi sebagai bantalan dan silkulasi udara yang cukup. Hal ini untuk menghindari memar pada buah saat proses pengangkutan atau akan memindahkannya ke tempat penyimpanan.

Baca juga: Minuman Untuk Daya Tahan Tubuh

Cuci sebelum disimpan

Beberapa buah tidak perlu dicuci sebelum disimpan. Namun untuk buah dengan kulit tipis atau kecil seperti stroberi dan angur, perlu dicuci. Pisahkan buah yang rusak karena akan membuat buah lain yang masih baik jadi cepat busuk. Pisahkan juga buah yang sudah matang dan yang belum. Setelah dicuci, tiriskan buah. Sebaiknya di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Perlu menjadi catatan, jangan menjemurnya sampai terlalu kering dan menjadi kismis. Pastikan buah tidak basah karena kelembaban rentan membuat buah mudah busuk. Apabila tidak bisa memastikan buah akan kering, maka sebaiknya tidak perlu dicuci.

Tempat penyimpanan

Melansir Theboatgalley.com, tempat penyimpanan buah harus kering dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Simpan buah sedemikian rupa dan hindari memar dengan cara memberi alas atau lapisan lembut. Jika ada satu buah yang memar di tempat penyimpanan, segera jauhkan dari buah lainnya. Jangan disimpan dalam plastik, karena plastik akan memerangkap kelembabam baik dari kondensasi atau sisa pencucian. Akibatnya, buah mudah busuk.

Baca juga: Tips Pengemasan Daging Kurban

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App