• 31 July 2021

Minuman Untuk Daya Tahan Tubuh

uploads/news/2021/07/minuman-untuk-daya-tahan-57056af23d628ee.jpg
SHARE SOSMED

“Pentingnya minuman fungsional di antaranya untuk membantu mengatasi permasalahan kesehatan yang kompleks seperti penyakit menular atau tidak menular, hingga berkontribusi pada daya tahan tubuh”

JAKARTA - Indonesia sebagai negara yang kaya akan hasil pertanian. Dimasa pandemi Covid-19 masyarakat membutuhkan vitamin dan obat-obatan sebagai pencegah dalam meghadapi pandemi Covid-19. Seperti yang diketahui, pandemi Covid-19 di Indonesia ada sejak tahun 2020, penyakit yang disebabkan oleh virus corona ini dapat dicegah dengan rajin mencuci tangan, memakai masker, dan mengurangi mobilitas.

Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga perlu dijaga dengan mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi, berolahraga, serta mengonsumsi vitamin dan obat herbal yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Baca juga: Resep Jamu Sambiloto Lawan Covid-19

Pertanian yang kaya akan tanaman obat menjadikan masyarakat bisa memanfaatkan hasil tanaman sendiri sebagai obat-obatan. Beberapa tanaman yang dapat diolah menjadi minuman herbal fungsional yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi pandemi Covid-19. Peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengungkapkan bahwa minuman funsional adalah minuman yang memiliki efek positif terhadap kesehatan.

“Pentingnya minuman fungsional di antaranya untuk membantu mengatasi permasalahan kesehatan yang kompleks seperti penyakit menular atau tidak menular, hingga berkontribusi pada daya tahan tubuh,” kata Bagem Sofiana seperti dilansir dari Balittro

Minuman fungsional ini bisa kita buat sendiri dirumah dengan memanfaatkan tanaman obat. Tanaman yang digunakan sebagai peningkat daya tahan tubuh antar lain seperti tanaman meniran, temulawak, pegagan, jahe merah, dan lainnya.

Baca juga: Tanaman-Tanaman Penghilang Stres Saat Pandemi

Tanaman yang dapat dijumpai disekitar kita dan dapat kita tanam sendiri ini memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat seperti flavonoid, tanin, kurkuminoid, dan senyawa fenolik yang memiliki sifat antioksidan.

Pembuatan minuman herbal ini cukup mudah seperti pembuatan the yang dikeringkan terlebih dahulu. Kemudian diseduh menggunakan air panas. Dosis yang dianjurkan sebanyak 1-2 sendok teh pergelas.

Sedangkan untuk pengolahan temulawak dan jahe merah, kedua nya dapat dijadikan minuman menyehatkan dengan mengolah langsung dan menambahkan bahan lain seperti kayu manis, madu, lemon, atau lainnya.

Selain itu juga terdapat minuman merhal dalam kemasan yang dibuat dari beberapa bahan herbal seperti asitaban, pegagan, jahe merah, dan temulawak yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlancar peredaran darah, efektivitasnya pun setara dengan zymosan A. 

Baca juga: Jus Untuk Jaga Imun Tubuh

Comment

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App