• 19 September 2021

Cara Ampuh Mencegah Tanaman Stres

uploads/news/2021/07/cara-ampuh-mencegah-tanaman-997944a730344b9.jpg
SHARE SOSMED

"Untuk mencegah agar tanaman tidak stres, maka sejak pertumbuhan tanaman harus melalui langkah-langkah yang tepat, apalagi bagi tanaman yang sahabat tani budidayakan untuk dikonsumsi seperti sayuran dan tanaman buah"

JAKARTA - Tanaman merupakan makhluk hidup seperti manusia yang juga rentan stres. Tanaman memerlukan lingkungan hidup yang sesuai. Tanaman yang stres akan sulit berbunga apalagi berbuah. Bila hal ini dibiarkan berlarut-larut maka tanaman akan terus menderita hingga akhirnya mati. Oleh karena itu, sahabat tani penting untuk mengetahui tanda-tanda tanaman stres dan cara mencegahnya.

Untuk mencegah agar tanaman tidak stres, maka sejak pertumbuhan tanaman harus melalui langkah-langkah yang tepat, apalagi bagi tanaman yang sahabat tani budidayakan untuk dikonsumsi seperti sayuran dan tanaman buah karena jenis tanaman tersebut merupakan aset untuk kelangsungan hidup tubuh kita sebagai pemakannya.

Namun, tetap saja petani masih sering melakukan kesalahan-kesalahan dalam proses penanaman, perawatan atau dari pemilihan jenis tanah dan bibit sehingga tanaman yang dibudidayakan menjadi stres. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka mengetahui tanda-tanda tanaman stres lebih awal akan lebih mudah dan lebih baik untuk penanganannya sehingga tanaman akan normal kembali.

Baca juga: Obat Alami Atasi Asam Urat

Nah sahabat tani, tanaman stres yaitu tanaman yang tidak mampu beradaptasi atau menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada lingkungan hidupnya. Tanda-Tanda Tanaman Stres antara lain mengalami bintik-bintik putih, bercak-bercak hitam, tanaman menjadi layu, ujung daun tanaman terasa kasar, terdapat kekeringan pada ujung daung, dan mengalami kegagalan berbunga. Lalu bagaimana cara mencegah tanaman agar tidak stress seperti tanda-tana yang telah disebutkan?

Cara terbaik untuk mencegah tanaman stress adalah menjaga lingkungan hidup tanaman tetap stabil yang meliputi :

Tidak menyimpan air

lakukan penyiraman secukupnya, tidak terlalu banyak sehingga menyebabkan pembusukan dan tidak terlalu sedikit hingga menyebabkan kekeringan. Tetap lakukan penyiraman yang sesuai termasuk suhu dan derajat keasaman (pH) air untuk menyiram tanaman.

Baca juga: Ramuan Lawan Covid-19 Varian Delta

Perhatikan daun-daun kering

Hindari merusak batang tanaman dan buanglah daun-daun kering atau mati secara reguler.

Pantau penyinaran matahari pada tanaman

Jangan letakkan tanaman pada tempat yang mendapatkan terlalu banyak atau terlalu sedikit sinar matahari.

Nutrisi pada tanaman

Menjaga pemberian nutrisi / pupuk yang sesuai untuk tanaman. Menjaga kondisi lingkungan yang sesuai dengan memberikan sirkulasi udara atau ventilasi yang cukup sehingga tetap memberikan tingkat suhu dan kelembaban yang sesuai.

Baca juga: Jus Untuk Jaga Imun Tubuh

Mencegah serangan hama dan jamur.

Bila tanaman sahabat tani sudah terserang penyakit maka cepat-cepatlah diobati. Tanaman stres akan mengundang hama dan penyakit lainnya. san jangan lupa juga untuk selalu perhatikan udara tempat tanaman berada. Pastikan tersedianya gas karbondioksida (CO2) untuk proses fotosintesis yang sangat diperlukan oleh tanaman. Gas CO2 dapat diperoleh dari hasil pembuangan gas pernapasan manusia maupun makhluk hidup lainnya. Dengan pengendalian lingkungan hidup tanaman akan memberikan kenyamanan pada tanaman untuk tumbuh dan memberikan hasil panen yang banyak.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App