• 27 April 2024

Ini Hewan-Hewan Sah Untuk Kurban

uploads/news/2021/06/ini-hewan-hewan-sah-untuk-34416fd7fc1e0e9.jpg

"Saat berkurban ada beberapa ketentuan mengenai hewan yang digunakan. jenis hewan ini termasuk dalam syarat sah, sehingga perlu diperhatikan dalam pemilihannya"

JAKARTA - Hari Raya Idul Adha akan datang sebentar lagi nih Sahabat Tani, sudah siap menyambut kurban tahun ini? Buat Sahabat Tani yang memiliki kelebihan harta, jangan lupa untuk sisihkan sebagian pendapatan untuk ikut kurban tahun ini.

Kurban menjadi salah satu bentuk ibadah yang memberikan banyak manfaat. Tidak hanya menambah amal kebaikan, namun dengan berkurban dapat memberikan kebahagiaan untuk orang-orang di tertentu. Dengan berkurban, sekaligus menjalankan salah satu perintah Allah. Sehingga jika dilakukan dengan ikhlas, diharapkan pahala dan keberkahan datang untuk diri sendiri.

Baca juga: Perhatikan Syarat Beli Hewan Qurban

Namun sebelum menyembelih kurban, sahabat tani perlu memenuhi beberapa syarat, misalnya dalam memilih hewan yang akan disembelih. jangan lupa untuk teliti dalam memilih hewan kurban. Islam pun telah memiliki syarat sah dalam memilih hewan yang akan disembelih untuk kurban.

Agar hewan kurban yang dipilih benar-benar baik dan sehat, ketahui tipsnya dari nggota perhimpunan dokter hewan Indonesia, Drh. Muhammad Aji Purbayu, M.Sc.

Pertama, pastikan jenis hewan yang akan di kurbankan memenuhi syarat sembelih. Saat berkurban ada beberapa ketentuan mengenai hewan yang digunakan. jenis hewan ini termasuk dalam syarat sah, sehingga perlu diperhatikan dalam pemilihannya.

Baca juga: Rahasia Penjualan Sapi Laris Manis!

Islam sendiri menyebutkan jenis-jenis hewan yang sah di kurbankan antara lain hewan unta, sapi, kambing, dan domba. Namun di Indonesia sendiri, masyarakat biasanya menggunakan hewan sapi, domba dan juga kambing saat perayaan idul adha.

selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah usia hewan kurban. Hewan harus berusia cukup ketika dikurbankan. Ketentuan usia hewan pun akan berbeda pada masing-masing jenisnya.

Untuk sapi minimal berusia 2 tahun dan telah masuk tahun ke-3. Untuk domba berusia 1 tahun atau minimal berusia 6 bulan bagi yang sulit mendapatkan domba berusia 1 tahun. Sedangkan kambing minimal berusia 1 tahun dan telah masuk tahun ke-2.

Baca juga: Nutrisi Dibalik Daging Kambing

Perhatikan juga kondisi hewan kurban yang akan sahabat tani pilih. pastikan hewan tersebut dalam keadaan sehat ya. Ada beberapa rincian Rasulullah SAW mengenai kriteria hewan kurban. Agar mampu memenuhi syarat hewan kurban, jangan memilih hewan yang buta sebelah, sakit, pincang, sangat kurus dan tidak mempunyai sumsum tulang. Pilihlah hewan kurban yang sehat. Sehingga pasca disembelih hewan tersebut dapat memberikan manfaat yang banyak bagi orang disekitar.

Nantinya, untuk memastikan kondisi sapi kurban memenuhi syarat hingga disembelih pada hari raya Idul Adha, Dinas Pertanian akan rutin memantau, bahkan dalam waktu dekat tim akan memantau tempat penampungan ternak.

Baca juga: Mengolah Daging Kurban yang Benar

Related News