• 28 September 2021

Ini Pohon Terindah di Dunia

uploads/news/2021/06/ini-pohon-terindah-di-56017ada8016518.jpeg
SHARE SOSMED

"Pohon pelangi ini asli dari papua, tapi bagi kita yang tinggal di Pulau Jawa, tak perlu jauh-jauh terbang ke sana karena pohon jenis ini dapat ditemukan di pusat penelitian arboretun litbang Gunung Batu, Ciomas, Bogor"

BOGOR - Sahabat tani pernah mendengar pohon pelangi? ketika mendengarnya pasti kita membayangkan pohon dengan batang berwarna-warni bukan? memang, batang kayu pohon pelangi tidak memiliki warna seperti umumnya, misalnya cokelat atau cokelat kehitaman. Tetapi warnanya beraneka ragam, persis seperti warna pelangi di langit saat hujan reda.

Pohon pelangi menyajikan keindahan karya seni alami dari Sang Pencipta dengan berbagai warna yang menempel. Ada merah, biru, hijau, kuning, cokelat, dan aneka warna lainnya, mulai dari akar hingga pucuk tertingginya. Nama ilmiahnya adalah Eucalyptus deglupta yang berarti kayu putih yang mengelupas. Pohon ini lebih dikenal dengan nama pohon pelangi atau rainbow eucalyptus.

Baca juga: Mengintip Koleksi Pohon Langka Indonesia

Sepintas, gradasi warna pada pohon yang juga dikenal dengan nama leda ini mirip dengan seragam pasukan-pasukan elite militer sehingga pohon pelangi juga dijuluki pohon kamuflase. Pohon ini tumbuh besar dan tinggi menjulang. Tanaman ini merupakan endemik di Papua Niugini, Pulau Papua, Pulau Seram, Maluku, dan Sulawesi.

"Pohon pelangi ini asli dari papua, tapi bagi kita yang tinggal di Pulau Jawa, tak perlu jauh-jauh terbang ke sana karena pohon jenis ini dapat ditemukan di pusat penelitian arboretun litbang Gunung Batu, Ciomas, Bogor. disini kita bisa menikmati keindahan pohon langka yang unik ini," ungkap Prof Hendra Gunawan, Ph.D, Peneliti dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) saat ditemui Jagadtani.id.

Baca juga: Tingkatkan KEsuburan dengan Matoa

Jika sahabat tani melihat secara sepintas, pohon ini tampak seperti di cat. Padahal warna ini sebenarnya memang murni berasal dari proses alami. Warna-warni pada pohon ini muncul akibat getah yang keluar dari dalam pohon dan mengenai kulit pohon di bagian lain yang membentuk sebuah lapisan warna. Pada tetesan getah pertama, warna yang akan muncul adalah warna biru, kemudian perlahan warna tetesan getah tersebut berubah menjadi jingga, ungu dan merah marun.

"Pohon pelangi menjadi daya tarik utama di hutan-hutan Indonesia karena selain memiliki gradasi warna menakjubkan, juga menjadi salah satu pohon yang paling sering dicari wisatawan. Pohonnya memiliki tinggi rata-rata 70 meter serta rata-rata berdiameter 2,5 meter. Pengunjung banyak menjadikan pohon ini sebagai latar foto karena keindahannya. Bahkan pohon pelangi Eucalyptus disebut-sebut sebagai salah satu pohon terindah dan menakjubkan di dunia," tutup Prof Hendra.

Baca juga: Durian Gundul Tembus Pasar Australia

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App