• 28 September 2021

Tingkatkan Kesuburan Dengan Matoa

uploads/news/2021/06/tingkatkan-kesuburan-dengan-matoa-66460f5c22df53d.jpg
SHARE SOSMED

"Kandungan buah matoa yang kaya akan vitamin E dan antioksidan mampu meningkatkan tingkat kesuburan pada pria maupun wanita"

JAKARTA - Apakah sahabat tani pernah menemukan buah matoa di sekitar rumah? Atau bahkan belum pernah melihat seperti apa bentuknya? Mungkin sahabat tani akan sangat jarang atau malah tidak akan pernah melihat tanaman matoa. Sebab, buah matoa adalah buah asal tanah Papua yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Buah matoa atau bernama ilmiah Pometia pinnata ini merupakan salah satu buah asli Indonesia yang keberadaannya terbilang langka.

Buah yang berada dalam kelompok famili Sapindaceae ini berdekatan dengan buah leci dan buah maple. Rasa yang dihasilkan oleh buah matoa ini terasa seperti buah rambutan juga leci, dengan tekstur yang manis dan berair. Matoa sendiri memiliki pohon dengan panjang batang pohon mencapai 20 meter. Buah yang berbentuk lonjong seperti buah sawo ini hanya berbuah pada Juli sampai Oktober saja setiap tahun. Berikut beberapa khasiat buah matoa untuk kesehatan.

Baca juga: Durian Gundul Tembus Pasar Autralia

Mengatasi Stres

Manfaat mengkonsumsi buah matoa yang dapat kamu rasakan adalah mengatasi stress. Buah matoa mengandung vitamin E dan senyawa lainnya yang mampu digunakan sebagai obat penenang alami. Dengan begitu stress yang kamu rasakan dapat teratasi.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Beredarnya suplemen daya tahan tubuh tidak cukup bila tidak dibarengi dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Kandungan buah matoa yang kaya akan vitamin C ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh loh sahabat tani. Sahabat tani jadi tidak mudah sakit dan lemas sehingga bisa melakukan aktivitas secara optimal.

Baca juga: Pilihan Minuman Lezat dari Cincau

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat buah matoa yang pertama adalah menurunkan resiko kanker. Khasiat buah matoa ini berasal dari tingginya kandungan antioksidan pada buah matoa sehingga dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Antioksidan dibantu dengan vitamin C untuk menghalau zat karsinogen yang mudah menyerang tubuh.

Menekan Pertumbuhan Infeksi Virus Berbahaya

Melawan virus berbahaya bukanlah pekerjaan yang mudah. Untuk itu, diperlukan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Kandungan buah matoa yang kaya akan vitamin C dan antioksidan mampu menekan pertumbuhan infeksi virus berbahaya seperti flu, herpes, bahkan HIV.

Baca juga: Unik, Pisang Rasa Es Krim

Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Kandungan buah matoa yang kaya akan vitamin E dan antioksidan mampu meningkatkan tingkat kesuburan pada pria maupun wanita. Vitamin E pada buah matoa membuat antibodi sehingga dapat melindungi sel telur pada wanita. Sedangkan pada pria, vitamin E dapat meningkatkan kualitas sperma pria.

Baca juga: Buah Delima, Si Kaya Antioksidan

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App