• 28 September 2021

Tips Jitu Menjaga Kebersihan Kuda

uploads/news/2021/06/tips-jitu-menjaga-kebersihan-326539d7055b1ed.jpg
SHARE SOSMED

"Kuda yang sehat yaitu kuda yang mampu terlihat segar dan bugar"

JAKARTA - Kebersihan dan kesehatan kuda merupakan hal yang paling penting bagi sahabat tani yang memiliki kuda. Kuda yang bersih akan berdampak baik apabila tetap terjaga kesehatannya. Hewan ini telah lama menjadi salah satu hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis, dan telah menjadi peranan penting dalam membantu manusia, yaitu sebagai pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.

Nah, agar kuda tetap sehat dan bugar selama dipelihara, shabaat tani perlu memperhatikan kebersihan kuda yaitu dengan mengetahui beberapa tips menjaga kebersihan kuda.

Cara menjaga kebersihan kuda yang pertama adalah memandikan kuda. Memandikan kuda menjadi salah satu perhatian utama dalam menjaga kesehatan kuda. Kuda yang sehat yaitu kuda yang mampu terlihat segar dan bugar. Meski beberapa kuda cukup terlatih untuk tetap berdiri ketika dimandikan, namun beberapa kuda masih menolak ketika dibersihkan. Cara terbaik adalah dengan mengikat kuda menggunakan ikatan yang mudah dilepas ditiang. Pastikan untuk tidak mengikat terlalu kuat dan jangan buat sang kuda ketakutan, karena ia akan mencoba kabur dan berlari. Pastikan juga ikatan tidak begitu longgar agar kuda tidak kabur.

Baca juga Lele Bioflok Penopang Ekonomi Masyarakat

Selanjutnya, gunakan Curry Comb. Curry Comb merupakan sebuah sikat dengan bulu terbuat dari karet yang cukup elastis. Curry Comb dirancang untuk melonggarkan tanah, lumpur, dan kotoran yang terdapat di bulu kuda. Gunakan Curry Comb dengan gerakan melingkar kecil diatas otot kuda. Namun yang perlu dicatat, sebaiknya Sahabat Tani hindari area yang bertulang lunak seperti muka, kaki, dan tulang belakang. Sahabat Tani bisa mulai dari area leher, tubuh hingga ke bokong. Lalu ulang kembali pada sisi lainnya.

Setelah menggunakan Curry Comb, gunakan Dandy Brush yaitu sikat keras dengan bulu yang keras. Sikat ini digunakan untuk menyingkirkan tanah dan rambut yang dilonggarkan dengan Curry Comb. Jangan gunakan Dandy brush pada daerah kaki kuda, karena kaki kuda lebih sensitif. Jangan juga menggunakan dandy brush pada muka, telinga, rambut, ekor, dan kaki karena alat ini dapat menyebabkan kuda langsung merasa gelisah. Sebaiknya, gunakan handuk halus pada bagian yang dibenci oleh kuda ketika menggunakan Dandy brush.

Baca juga Budidaya Ikan Hias Omzet Jutaan

Cara selanjutnya yaitu semprotkan cairan anti lalat. Ketika sedang musim panas atau suhu panas, semprotkan cairan anti lalat pada kuda. Hal ini karena lalat dapat berkembang disekitar muka kuda dan menyebabkan infeksi. Lalat besar atau yang disebut juga lalat kuda dapat menggigit kuda dan membuatnya stress. Ketika menyemprotkan cairan ini, usahakan untuk menghindari area wajah kuda.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App