• 19 April 2024

Jarang Diketahui, Ini Keunikan Jerapah

uploads/news/2021/06/jarang-diketahui-ini-keunikan-59160023a2c5c63.jpg

"Salah satu pertahanan binatang ini adalah tendangannya yang kuat dan mampu membunuh seekor singa"

JAKARTA - Dari bentyknya saja sudah bisa kita lihat bahwa memang banyak hal yang menarik dari binatang ini sebagai binatang tertinggi di dunia. Kaki depan jerapah lebih panjang dari kaki belakangnya. Hal ini ditandai bentuk badan Jerapah yang tidak datar namun bagian depan lebih tinggi dari bagian belakangnya.

Nama spesiesnya adalah camelopardalis diambil dari latin. Jerapah sendiri dianggap sebagai blasteran antara Unta (camel) dan Macan Tutul (leopard). Lihat saja kulitnya yang mirip dengan kulit Macan Tutul dan kemampuannya dalam bertahan hidup yang mirip dengan Unta. Sedangkan nama Jerapah diambil dari bahasa arab yaitu zirafah. Sahbat tani sudah tahu belum apa saja keunikan dari jerapah? mari kita bahas. 

Baca juga: Krisis, Badak Putih Diambang Kepunahan

Memiliki Leher Panjang

Terlihat jelas pada fisik si Jerapah yang memang memiliki kaki dan leher yang panjang. Namun, meskipun memiliki leher yang panjang, jumlah tulang leher pada Jerapah hanya sebanyak tujuh ruas sama seperti manusia. Semakin tinggi Jerapah pejantan semakin menarik buat Jerapah betina. Zulu si Jerapah tertinggi di dunia memiliki tinggi sampai 5,7 meter.

Tidak Bisa Tidur Lama

Pada umumnya manusia tidur selama delapan jam sehari, namun tidak dengan Jerapah. Jerapah hanya tidur selama 15 menit sampai dua jam saja dalam sehari loh sahbaat tani. Binatang ini memang tidak bisa tidur terlalu lama karena lehernya yang panjang dan selalu dalam kondisi tegak. Hal ini dikarenakan Jerapah memang tidak bisa berbaring dan saat melahirkan, bayi Jerapah akan terjatuh sekitar satu meter dari induknya ke tanah.

Baca juga: Unik, Begini Cara Semut Berkomunikasi

Bisa Tahan Lama Tanpa Minum Air

Unta merupakan salah satu hewan yang dapat bertahan hidup lama tanpa air karena mampu menyimpan cadangan air di punuk (tubuhnya) untuk jangka waktu yang lama. Seperti Unta, Jerapah juga dapat melakukan hal tersebut bahkan kemampuan bertahan tanpa air Jerapah lebih lama dari Unta. Jerapah sekali minum mencapai 12 galon air, namun Jerapah memerlukan lebih banyak air untuk bertahan hidup. Sumber air yang di dapat Jerapah adalah melalui makanannya yang berupa tanaman dan dedaunan. Jenis daun pohon akasia merupakan makanan Jerapah yang mengandung banyak air dan Jerapah mampu bertahan lama tanpa air melebihi Unta.

Baca juga: Ini Alasan Ayam Jantan Berjengger

Tendangan Jerapah Mampu Membunuh Singa

Salah satu pertahanan binatang ini adalah tendangannya yang kuat dan mampu membunuh seekor singa. Dari jauh Jerapah akan mengawasi kehadiran binatang lainnya dengan matanya yang lebih tajam dari mata Gajah. Bila harus berhadapan dengan musuh atau predator, Jerapah akan melepaskan tendangan mautnya ke arah predator tersebut. 

Memiliki Lidah Yang Panjang

Jerapah memang memiliki lidah yang panjang, namun tidak sepanjang lehernya. Lidah Jerapah dapat mencapai 12 inchi yang digunakan untuk menggapai makanan dan melumat makanan tersebut. Fungsi lain dari Lidah panjangnya adalah untuk membersihkan kotoran pada telinganya sendiri. Bila dijulurkan dapat mencapai telinganya untuk menjilati kotoran pada telinga tersebut.

Baca juga: Arak Sapi Tradisi Syawalan Boyolali

Related News