• 27 April 2024

Rumbia, Tanaman Penghasil Tepung Sagu

uploads/news/2021/05/rumbia-tanaman-penghasil-tepung-2163515e7ad7ce2.jpg

"Sagu merupakan tepung atau olahan yang diperoleh dari pemrosesan teras batang rumbia"

JAKARTA - Rumbia atau disebut juga pohon sagu adalah nama sejenis palma penghasil tepung sagu. Metroxylon berasal dari bahasa latin yang terdiri atas dua kata, yaitu Metro/Metra dan Xylon. Metra berarti pith (isi batang atau empulur) dan Xylon berarti xylem. Kata sago atau sagu memiliki arti pati yang terkandung dalam batang palma sagu.

Di Indonesia ada beberapa nama daerah untuk tanaman sagu seperti rumbia, kirai (Sunda), ambulung kersulu (Jawa), dan Lapia (Ambon). Warga Malaysia mengenal sagu dengan sebutan rumbia dan balau, lumbia (Philipina), thagu bin (Myanmar), saku (Kamboja), dan sakhu (Thailand). Sementara nama ilmiahnya adalah Metroxylon sagu.

Baca juga: Mengenal Tepung Tapioka Minim Nutrisi

Sagu merupakan tepung atau olahan yang diperoleh dari pemrosesan teras batang rumbia. Tepung sagu memiliki karakteristik fisik yang mirip dengan tepung tapioka. Dalam resep masakan, tepung sagu yang relatif sulit diperoleh sering diganti dengan tepung tapioka sehingga namanya sering kali dipertukarkan, meskipun kedua tepung ini berbeda.

Sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat di Maluku dan Papua yang tinggal di pesisir. Sagu dimakan dalam bentuk papeda, semacam bubur, atau dalam olahan lain. Sagu sendiri dijual sebagai tepung curah maupun yang dipadatkan dan dikemas dengan daun pisang. Selain itu, saat ini sagu juga diolah menjadi mie.

Baca juga: Diet Sehat dengan Buah Plum

Sebagai sumber karbohidrat, sagu memiliki keunikan karena diproduksi di daerah rawa-rawa (habitat alami rumbia). Kondisi ini memiliki keuntungan ekologis tersendiri, walaupun secara ekonomis kurang menguntungkan. 

Setiap pohon sagu dapat menghasilkan tepung sagu yang berkisar antara 50 hingga 450 kg tepung sagu basah. Namun dari bahan baku hingga menjadi tepung memerlukan proses yang tidak mudah. Pohon sagu dengan kualitas baik harus ditebang terlebih dahulu.

Baca juga: Potensi Luar Biasa Sorgum

Setelah itu kulit batangnya dikupas dan diambil daging batangnya. Daging batang ini dipotong-potong untuk kemudian dicuci dan disaring. Tumbuhan Rumbia tergolong dalam tumbuhan monokotil dari keluarga Palmae. Bisa digolongkan aneka jenis palem yang tumbuh subuh di pinggiran sungai dan rawa. Sebagai contoh yaitu Aceh Barat punya sejumlah syarat Rumbia tumbuh bebas di sana. Faktor dari kontur tanah, banyaknya rawa serta faktor cuaca yang lumayan lembap membuat tumbuhan Rumbia tumbuh subur.

Baca juga: Manfaat Tersembunyi dari Tulang Ikan

Masyarakat Aceh mengenalnya dengan sebutan Bak Meuria, ini daya pikat dari setiap pelancong yang menjadikan buah tangan wajib saat berkunjung ke Aceh Barat. Di sana Pohon Rumbia tumbuh subuh di sepanjang rawa atau bahkan lahan pertanian warga. Bahkan masyarakat sengaja tidak menebang Pohon Rumbia karena menjadi lokasi berteduh saat pergi ke sawah.

Related News