• 29 March 2024

Spirulina, Suplemen Ajaib dari Laut

uploads/news/2021/05/spirulina-suplemen-ajaib-dari-43512d14e8af314.jpg

"spirulina memiliki bau khas dari ganggang biru. Jangan kaget jika baunya sedikit amis karena memang asli dari alam"

JAKARTA - Sahabat tani pasti pernah mendengar spirulina, dari berbagai macam suplemen yang disebut-sebut sebagai superfood, spirulina adalah salah satunya. Spirulina dapat ditemukan dalam bentuk padatan, seperti kapsul atau tablet, serta bisa ditemukan dalam bentuk bubuk untuk ditambahkan ke dalam makanan yang dikonsumsi. Spirulina adalah mikroalga yang memiliki nilai gizi yang tinggi sekaligus menyimpan manfaat sehat. Spirulina adalah ganggang biru-hijau yang tumbuh secara alami di lautan atau danau asin pada wilayah dengan iklim subtropis.

Baca juga: Strategi Kelola Hiu dan Pari

Banyak orang yang mengonsumsi spirulina karena kandungan vitamin, mineral, serta antioksidannya yang tinggi. Ganggang tersebut dipercaya mampu menurunkan kolesterol, meningkatkan tenaga, hingga mengatasi gejala PMS dan depresi. Sejumlah penelitian memang sudah menunjukkan manfaat serta khasiatnya bagi kesehatan

Spirulina pernah diklasifikasikan sebagai tanaman karena "kekayaan dalam pigmen tumbuhan serta kemampuannya untuk melakukan fotosintesis". Setelah melakukan penelitian lebih lanjut, para ahli mengelompokkan spirulina dalam golongan bakteri dalam genus spirulina.

Baca juga: Maggot Solusi Pakan Murah Lele

Sebenarnya ada banyak jenis spesies spirulina, tetapi hanya tiga spesies yang dipelajari secara ekstensif karena nilai gizinya yang tinggi. Tiga spesies tersebut antara lain spirulina platensis, spirulina maxima dan spirulina fusiformis.

Melansir dari livescience, spirulina tumbuh dalam spiral mikroskopis, yang cenderung hidup secara bersama-sama sehingga cukup mudah untuk dipanen. Spirulina telah diperkenalkan dalam dunia pengobatan, terutama terkait dengan masalah metabolisme dan kesehatan jantung.

Tak sedikit juga yang menjadikan spirulina menjadi masker untuk kecantikan, karena spirulina dapat menghilangkan jerawat dan bruntusan pada wajah. Namun, sahabat tani harus tahan dengan aromanya karena dari segi aroma, masker spirulina memiliki bau khas dari ganggang biru. Jangan kaget jika baunya sedikit amis karena memang asli dari alam.

Baca juga: Plankton, Si Penentu Kualitas Air

Spirulina juga diperkenalkan untuk mengatasi masalah kesehatan jantung, penurunan berat badan, diabetes dan kolesterol tinggi. Spirulina juga direkomendasikan untuk membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan mental seperti kecemasan, stres, depresi, dan attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD). Menurut, National Institutes of Health, Amerika Serikat juga disebut-sebut bisa membantu gejala pramenstruasi, dan amyotrophic lateral sclerosis.

Baca juga: Kima, Kerang Raksasa Penyelamat Lautan

Related News