• 28 September 2021

Plankton, Si Penentu Kualitas Air

uploads/news/2021/05/plankton-si-penentu-kualitas-3491480666cf727.jpg
SHARE SOSMED

"Secara luas plankton dianggap sebagai salah satu organisme terpenting di dunia, karena menjadi bekal makanan untuk kehidupan akuatik"

JAKARTA - Plankton merupakan salah satu organisme laut yang hidup dalam zona pelagik (bagian atas) samudera, dan badan air tawar. Plankton berasal dari bahasa Yunani yaitu planktos yang berarti pengembara atau penghanyut. Istilah ini diterapkan pertama kali oleh Victor Hansen Direktur Ekspedisi Jerman pada tahun 1887 yang terkenal dengan sebutan Plankton Expedition yang dibuat untuk menentukan sistematika organisme laut. Setelah ekspedisi ini selesai disempurnakan kembali oleh Haeckel pada tahum 1990.

Secara luas plankton dianggap sebagai salah satu organisme terpenting di dunia, karena menjadi bekal makanan untuk kehidupan akuatik. Bagi kebanyakan makhluk laut, plankton adalah makanan utama mereka. Plankton terdiri dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan laut. Ukurannya kecil saja. Walaupun termasuk sejenis benda hidup, plankton tidak mempunyai kekuatan untuk melawan arus, air pasang atau angin yang menghanyutkannya. Plankton hidup di pesisir pantai di mana ia mendapat bekal garam mineral dan cahaya matahari yang mencukupi.

Baca juga: Udang Hias, Pelengkap Aquarium Cantik

Tahukah sahabat tani? Plankton menjadi salah satu faktor penentu kualitas air dalam budidaya loh. Hal itu berkaitan dengan peranan plankton sebagai produsen utama di perairan dan pakan alami bagi organisme budidata. Salah satu cara untuk lebih memahami pengaruh plankton pada kondisi kualitas air tambak yaitu dengan mengetahui fase-fase kehidupan plankton.

Warna air budidaya baik ikan atau udang adalah hal pertama yang terlihat apabila kita berada pada area tambak. Pada tambak budidaya banyak dijumpai warna air yang berbeda-beda antara area satu dengan yang lainnya atau kolam satu dengan yang lainnya. Warna air tambak ditentukan oleh banyaknya plankton yang ada pada tambak. Plankton diketahui sebagai makanan tambahan bagi udang, dan tentu keberadaannya di tambak sangat bermanfaat dan diharapkan.

Baca juga: Kima, Kerang Raksasa Penyelamat Lautan

Sebagai contohnya, Plankton sangat penting karena menjadi penentu kualitas air tambak udang. dalam budidaya udang plankton berguna sebagai sumber pakan organik bagi benih udang, mengatur tunggi rendahnya pH air tambak, dan mempengaruhi kadar oksigen terlarut dalam tambak.

Berdasarkan jenisnya, plankton dibagi menjadi dua, yaitu.

Baca juga: Cianjur Untung Besar Budidaya Udang

Phytoplankton
Jenis plankton ini banyak didominasi oleh kelompok algae dan sebagian kecil didominasi oleh kelompok jamur dan bakteri.
Fungsi dari phytoplankton ini ialah sebagai pemasok oksigen utama bagi organisme akuatik, sumber makanan zooplankton dan mampu menyerap gas-gas beracun seperti NH3 dan H2S serta sebagai indikator kesuburan perairan.

Zooplankton
Jenis plankton yang berasal dari kelompok hewan kecil yang didominasi oleh kelompok custacea, rotifera dan protozoa. Fungsi dari zooplankton ialah sebagai pakan alami organisme akuatik termasuk udang.

Baca juga: Ikan Giru yang Terancam Punah

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App