• 29 March 2024

Bonsai Tanaman Cina Bernilai Tinggi

"Kalau untuk yang benar-benar cinta dengan bonsai harga semahal apapun tidak masalah karena lagi-lagi dilhatnya dari seni"

JAKARTA - Sahabat tani mungkin tidak asing lagi dengan tanaman satu ini, Bonsai namanya. Bonsai adalah seni membuat miniatur dari pohon berukuran normal yang ditanam di dalam pot berukuran kecil. Jadi, bonsai bukanlah mengerdilkan pohon secara genetika. Kegiatan menanam bonsai pertama kali dipopulerkan oleh bangsa Cina ribuan tahun silam.

Membuat tanaman bonsai tidak hanya menanam pohon di wadah, tetapi dibutuhkan proses yang panjang dan teknik khusus untuk mendapatkan tanaman bonsai yang cantik dan sehat. Selain digunakan sebagai hiasan rumah, bonsai juga bisa dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran.

Baca juga: Mengenal Jenis Tanaman Bonsai

Siapa sangka, Tanaman yang penuh dengan nilai seni ini ternyata memiliki harga yang sangat mahal loh sahabat tani. Banyak orang yang tidak menyangka dengan harga bonsai yang sangat tinggi. Namun, harga tersebut sebenarnya sangat wajar mengingat cara pengembangbiakan pohon ini sangat rumit.

Mulai proses pembibitan sampai pemupukan dan pemotongan bagian-bagian pohon harus dilakukan secara sistematis menggunakan cara khusus yang tidak semua orang bisa melakukan. 

Hal ini diungkapkan oleh Ahmad Yani, Penghobi bonsai sejak tahun 80-an. "Bonsai itu dari bahasa Cina, yaitu bon yang artinya pot dan sai yang artinya penanaman. Jadi artinya, pemeliharaan tanaman atau pohon dalam pot dangkal, dan apresiasi keindahan bentuk dahan, daun, batang, dan akar pohon, serta pot dangkal yang menjadi wadah, atau keseluruhan bentuk tanaman atau pohon,” Jelas warga Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta ini.

Baca juga: Budidaya Bonsai, Peluang Usaha Menjajikan

Nilai estetika yang tinggi memang menjadi alasan kuat bonsai menjadi sangat mahal. "Bonsai ini bisa dikatakan bukan dari bentuk kecil besar atau jenis pohonnya tetapi bonsai mahal kalau dia kesannya saat kita pandang itu seperti pohon tua yang sudah berumur ratusan tahun otomatis harganya lebih tinggi, harganya bisa dari Rp 500 ribu- 5 milyar. Kalau untuk yang benar-benar cinta dengan bonsai harga semahal apapun tidak masalah karena lagi-lagi dilhatnya dari seni," Jelas mantan pegawai bank ini.

Baca juga: Mengenal Teknik Grafting Lohansung Silver

Tak hanya sampai disitu, Ahmad juga memberi tips khusus kepada sahabat tani bagaimana cara perawatan bonsai yang baik dan benar. "Sebetulnya bahan untuk rakit bonsai itu murah tapi kalau kita bisa peliharanya pasti harganya akan mahal. Apalagi di tengah-tengah kota dengan lahan yang sempit kita bisa menanam bonsai karena pohonnya yang kecil tidak membutuhkan lahan yang luas. Selain itu keunggulannya dia mengandung keindahan dan nilai jual yang tinggi. Yang susah itu dalam membentuknya aja sih dan setiap bonsai punya karakter tersendiri tergantung jenis pohonnya. ditempat yang teduh atau panas tapi umumnya bonsai ditempat yang panas. penyiramannya dua kali dalam sehari ditambah pupuk organik dan nonorganik," Tutupnya.

Baca juga: Cara Sukses Membuat Bonsai Kelapa

Related News